Demi Manjakan Fan dan Raup Keuntungan Lebih Besar, Barcelona Dirikan Perusahaan Baru

By Verdi Hendrawan - Rabu, 13 Juni 2018 | 08:22 WIB
Megabintang FC Barcelona, Lionel Messi, merayakan golnya bersama Luis Suarez di hadapan para pendukungnya dalam laga Liga Spanyol 2017-2018 kontra Real Madrid di Stadion Camp Nou, Barcelona pada 6 Mei 2018. (JOSEP LAGO/AFP )

Klub sepak bola raksasa Liga Spanyol, FC Barcelona, telah membentuk perusahaan baru yang bertujuan untuk mengeruk keuntungan lebih besar sekaligus memanjakan para fan.

Perusahaan baru milik Barcelona yang dimaksud bernama Barca Licensing and Merchandising.

Badan usaha ini dibangun dengan tujuan untuk mengawasi pengelolaan aktivitas penjualan secara retail (eceran), perizinan, hingga perdagangan (merchandising).

Hak merchandising Barcelona saat ini masih dikelola oleh FCBMerchandising yang merupakan badan usaha milik perusahaan apparel olahraga asal Amerika Serikat, Nike, yang juga bertindak sebagai penyedia peralatan tim Barcelona.

FCBMerchandising telah mengelola hak penjualan Barcelona selama 16 tahun terakhir.

(Baca Juga: Justin Kluivert Sudah Tak Sabar Bergabung dengan AS Roma)

Namun mulai 1 Juli 2018, Barca Licensing and Merchandising akan mengambil alih segala hak penjualan Barcelona.

Selain itu, pada 1 Juli 2018 juga menandai kesepakatan baru Barcelona dengan Nike untuk delapan tahun kedepan atau hingga akhir musim 2025-2026.

Selain untuk meraih keuntungan lebih besar, Barca Licensing and Merchandising juga didirikan untuk memberikan kesepatan kepada fan untuk lebih dekat dengan klub Barcelona.