Jacksen F Tiago: Pelatih Harus Punya Wawasan

By Lariza Oky Adisty - Sabtu, 30 Juni 2018 | 19:02 WIB
Pelatih Barito Putera, Jacksen F Tiago, dan Karin Zulkarnaen, Head of Market Management Allianz Indonesia, berpose bersama peserta Coach to Coach yang diadakan Allianz Indonesia, Jakarta (30/6/2018). (LARIZA OKY ADISTY/BOLASPORT.COM)

Pelatih Barito Putera, Jacksen F Tiago, antusias membagikan pengatahuan dan pengalamannya kepada para pelatih peserta sesi "Coach to Coach" yang diadakan oleh Allianz Indonesia, Sabtu (30/6/2018).

Acara ini mempertemukan 10 sosok yang melatih tim sepak bola yang berkompetisi di usia dini atau di tingkat sekolah dan tingkat RT/RW.

Para pelatih yang diberi kesempatan untuk mengikuti acara "Coach to Coach" ini dipilih dari kompetisi cerita "Pahlawan Sepak Bola" yang diadakan oleh Allianz.

(Baca Juga: Jadwal Lengkap Babak 16 Besar Piala Dunia 2018, Live Trans TV)

Dalam acara yang dihadiri BolaSport.com di Jakarta, Jacksen mengatakan bahwa ada beberapa hal yang harus dipahami oleh pelatih dalam level manapun.

"Kunci pelatih adalah memiliki ilmu pengetahuan. Kalau pemain melihat Anda punya wawasan dan tegas, mereka pasti akan mengapresiasi Anda," kata Jacksen, Sabtu (30/6/2018).

Eks pelatih tim nasional Indonesia itu juga menyebutkan bahwa sepak bola dari era dia masih bermain hingga sekarang sebenarnya tidak berubah.


Jacksen F Tiago dalam sesi Coach to Coach yang diadakan Allianz Indonesia bersama BolaSport.com di Jakarta, 30 Juni 2018.(KUKUH WAHYUDI/BOLASPORT.COM)

Hanya ada perkembangan yang tidak dirasakan saat dia masih aktif bermain.