Benteng Kokoh Borussia Dortmund Bernama Signal Iduna Park Itu Akhirnya Runtuh Juga

By Thoriq Az Zuhri Yunus - Minggu, 15 Oktober 2017 | 09:09 WIB
The Yellow Wall, blok suporter Borussia Dortmund, di Stadion Signal Iduna Park. (ODD ANDERSEN/AFP)

Borussia Dortmund harus rela menelan kekalahan dengan skor 2-3 kala menjamu RB Leipzig pada laga lanjutan Liga Jerman, Sabtu (14/10/2017), di Stadion Signal Iduna Park.

Meski sempat unggul melalui Pierre-Emerick Aubameyang pada menit ke-4, Dortmund harus kebobolan tiga gol melalui Marcel Sabitzer (10'), Yussuf Poulsen (25'), dan Jean-Kevin Augustin (49').

Dortmund yang coba mengejar keunggulan Leipzig hanya mampu membalas satu gol lagi melalui Aubameyang pada menit ke-64.

Kekalahan ini membuat rekor mengilap Dortmund di kandang pada pertandingan Liga Jerman terhenti.

Menurut catatan Opta yang dilansir Bolasport.com, sebelum kekalahan ini Dortmund tak pernah kalah di kandang selama 41 pertandingan.

Terakhir kali tim berjuluk Die Borussen itu kalah di kandang sendiri adalah saat menjamu Bayern Muenchen, 4 April 2015, lebih dari dua tahun yang lalu.

Kala itu, gol tunggal mantan pemain Dortmund, Robert Lewandowski, pada menit ke-36 membuat Bayern berhasil menang 1-0 di Signal Iduna Park.

(BACA JUGA: Manchester City Pecahkan Rekor Liga Inggris yang Sudah Bertahan 123 Tahun!)

Setelah kekalahan itu, stadion berkapasitas lebih dari 81.000 penonton tersebut seperti menjelma menjadi benteng kokoh yang tak bisa dirobohkan oleh lawan.

Data situs Transfermarkt menyebutkan, dari 41 laga kandang Dortmund berhasil menorehkan catatan 34 kali menang dan tujuh kali imbang.