Perbedaan antara The Best FIFA Football Awards dan Ballon d'Or

By Verdi Hendrawan - Selasa, 24 Oktober 2017 | 05:16 WIB
Penyerang Real Madrid dan tim nasional Portugal, Cristiano Ronaldo, berpose dengan gelar Pemain Terbaik FIFA 2017 yang berhasil ia raih dalam acara The Best FIFA Football Awards di The London Palladium, London, Inggris, pada Senin (23/10/2017). (BEN STANSALL/AFP)

FIFA telah menggelar malam penganugerahan The Best FIFA Football Awards edisi 2017 di The London Palladium, Senin (23/10/2017) waktu setempat atau Selasa dini hari WIB.

The Best FIFA Football Awards 2017 adalah gelaran edisi kedua.

Edisi pertama untuk menentukan siapa para pelaku sepak bola terbaik 2016 telah digelar di Zurich, Swiss, pada 9 Januari 2017.

Acara ini digelar FIFA untuk memberikan penghargaan kepada para pelaku sepak bola terbaik di setiap tahunnya.

Di kategori utama, yaitu Pemain Terbaik, Cristiano Ronaldo kembali terpilih untuk kali kedua dengan menyisihkan Lionel Messi dan Neymar Junior di posisi kedua dan tiga.

Namun, apa bedanya penghargaan ini dengan Ballon d'Or?

(Baca Juga: Daftar Lengkap Penerima Penghargaan di FIFA Football Award Edisi 2017)

Penghargaan pemain, pelatih, dan gol terbaik versi Ballon d'Or diberikan oleh majalah olahraga Prancis, France Football, sejak 1956.

FIFA sempat bekerja sama dengan France Football untuk memberikan penghargaan kepada para pelaku sepak bola terbaik bertajuk FIFA Ballon d'Or pada 2010.

Namun, kerja sama ini berakhir pada 2015. Sebagai gantinya, FIFA memperkenalkan The Best Fifa Football Awards karena nama Ballon d'Or digagas pertama kali oleh France Football.