Bek Muda Bayern Muenchen Belajar Bahasa Spanyol dari Real Madrid

By Ade Jayadireja - Sabtu, 2 Desember 2017 | 09:50 WIB
Bek Bayern Muenchen, Joshua Kimmich (kedua dari kiri), merayakan gol yang ia cetak ke gawang Celtic FC dalam laga Grup B Liga Champions 2017-2018 di Stadion Allianz Arena, MUenchen, Jerman, pada Rabu (18/10/2017). (CHRISTOF STACHE / AFP)

Bek muda Bayern Muenchen dan timnas Jerman, Joshua Kimmich, punya cara sendiri untuk bisa mengerti bahasa Spanyol.

Alih-alih pergi ke tempat kursus, Joshua Kimmich belajar bahasa Negeri Matador lewat Real Madrid.

Diakui palang pintu berusia 22 tahun itu, dirinya mempelajari tutur Spanyol lewat lagu kebangsaan Madrid yang berjudul "La Mocitas Madrilenas".

Ada alasan mengapa Kimmich terdorong untuk mempelajari bahasa Spanyol.

(Baca juga: Pilihan Anti-mainstream Kapten Thailand di The Best Football Awards 2017)


Gelandang Jerman, Sebastian Rudy (kiri), merayakan gol yang dia cetak bersama Joshua Kimmich dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa kontra Irlandia Utara di Windsor Park, Belfast, pada 5 Oktober 2017.(PAUL FAITH/AFP)

Hal tersebut ia lakukan bukan karena ingin bergabung ke Madrid, tetapi agar memperlancar komunikasi dengan pemain-pemain FC Bayern yang berasal dari Spanyol seperti Thiago Alcantara dan Javi Martinez.

Pemain-pemain dari luar Eropa macam Arturo Vidal dan James Rodriguez juga menggunakan bahasa serupa untuk berkomunikasi.

"Sejak tim memiliki banyak pemain Spanyol, saya jadi ingin mempelajari bahasaya," kata Kimmich seperti dikutip Bolasport.com dari Bild.

(Baca juga: Hasil Voting The Best Football Awards 2017, Berapa Selisih Suara Ronaldo dan Messi?)