Daftar Tim-tim yang Berhasil Lolos ke Babak 32 Besar Liga Europa

By Verdi Hendrawan - Jumat, 8 Desember 2017 | 05:31 WIB
Bomber Arsenal, Olivier Giroud (kanan), mencetak gol saat melawan BATE Borisov pada matchday 6 Liga Europa Grup H di Stadion Emirates, Jumat (8/1/2017) dini hari WIB. (BEN STANSALL/AFP)

Liga Europa 2017-2018 telah menyelesaikan seluruh pertandingan fase grup mereka. Dari 12 grup yang ada telah memunculkan 24 tim yang berhak lolos ke babak 32 besar.

Di Grup A, Astana berhasil lolos ke fase gugur setelah pada pertandingan terakhir berhasil memenangi laga hidup mati atas wakil Republik Ceska, Slavia Praha, dengan skor 1-0.

Kemenangan ini membuat Astana berhak menemani Villarreal yang sudah memastikan diri lolos ke fase gugur dengan status sebagai juara grup.

Sedangkan di Grup B, Dynamo Kyiv berhasil memastikan diri lolos sebagai juara grup setelah di laga terakhir berhasil memenangi laga kontra Partizan yang didik di posisi kedua dengan skor 4-1.

(Baca Juga: Di New York, Setiap 6 Desember Diperingati Sebagai 'Andrea Pirlo Day')

Di Grup E, pertarungan untuk menentukan siapa yang pantas menjadi juara grup juga terjadi antara Atalanta dan Olympique Lyonnais.

Satu gol dari Andrea Petagna pada menit ke-10 berhasil mengantarkan Atalanta lolos sebagai pemuncak klasemen dengan 14 poin, unggul tiga dari Lyon.

Sedangkan di Grup F terjadi sebuah tragedi ketika Sheriff Tiraspol yang sebelumnya memuncaki klasemen, harus turun dua peringkat alias tersingkir dari turnamen akibat mengalami kekalahan 0-2 dari Kobenhavn.

(Baca Juga: Hasil Lengkap Liga Europa - Milan dan Lazio Tersungkur, Everton dan Arsenal Mujur)

Meski memiliki poin yang sama dengan Kobenhavn, Sheriff harus puas duduk di posisi ketiga karena kalah dalam agregat head-to-head dengan wakil Denmark itu.