Begini Cara Malaysia Hukum Wasit yang Salah Mengambil Keputusan, Perlu Diberlakukan di Indonesia?

By Bagaskara Setyana Adhie Perkasa - Rabu, 27 Desember 2017 | 20:46 WIB
Para pemain PSAD Balikpapan dihalangi tentara saat melakukan protes keras ke asisten wasit saat mereka melakoni laga kontra Aceh United untuk perebutan posisi tiga Liga 3 musim 2017 di Stadion Gelora Bumi Kartini, Jepara, Minggu (17/12/2017). (GONANG SUSATYO/BOLASPORT.COM)

Federasi sepak bola Malaysia (FAM) memberikan hukuman bagi para pengadil lapangan alias wasit yang dianggap mengambil keputusan tidak benar.

Seperti dilansir BolaSport.com dari New Strait Times, tindakan tersebut diambil setelah komite wasit memeriksa 18 aduan yang dibuat selama Liga Malaysia musim 2017 bergulir.

Setidaknya ada 10 wasit yang mendapatkan hukuman tersebut.

Dengan rincian enam wasit mendapatkan hukuman skorsing, sementara empat lainnya dibekukan untuk sementara.

(Baca Juga: Selangor FA Tiba-tiba Batalkan Rencana Tur Pramusim di Indonesia, Ada Apa?)

Kesepuluh wasit tersebut dihukum tak lepas dari pengambilan keputusan yang tidak tepat di pertandingan Liga Malaysia musim 2017.

Ketua Komite Wasit FAM, Subkhiddin Mohd Salleh mengatakan keempat wasit yang dibekukan akan ditinjau lagi lewat rapat penilaian wasit.

"Tindakan tersebut diberlakukan setelah kami meninjau setiap keluhan yang diterima,"ujar Subkhiddin dikutip dari New Strait Times.

"Kami akan meninjau kembali keempat wasit yang telah dibekukan."

"Apakah kami akan mengizinkan mereka untuk memimpin laga turnamen tertinggi, diskors untuk jangka waktu tertentu atau diturunkan ke liga kasta kedua, semuanya akan tergantung pada pemeriksaan ulang yang akan kami lakukan nanti," ujar Subkhiddin.