Momen Bersejarah! Kaum Wanita Pertama Kalinya Diperbolehkan Menonton Sepak Bola di Arab Saudi

By Putra Rusdi Kurniawan - Sabtu, 13 Januari 2018 | 06:33 WIB
Para wanita untuk pertama kalinya diperbolehkan menonton pertandingan sepak bola di Arab Saudi (twitter.com)

Negara Arab Saudi akhirnya mengizinkan wanita datang ke Stadion untuk menyaksikan pertandingan sepak bola.

Dilansir BolaSport.com dari Mirror, Dalam pertandingan antara Liga Arab Saudi antara AL Ahli melawan Al Batin di Stadion King Fahd, Jumat (13/1/2018) untuk pertama kalinya kaum wanita di Arab Saudi diperbolehkan menonton sepak bola.

Hal tersebut juga untuk pertama kali dalam sejarah olahraga di Arab Saudi semua anggota keluarga boleh menonton sebuah pertandingan meskipun tribun wanita dan laki-laki masih dipisah.

Arab Saudi mengurangi aturan pembatasan kebebasan perempuan di ruang publik setelah serangkain reformasi sosial yang dilakukan oleh pangeran Arab Saudi yang masih berusia 32 tahun.

(Baca Juga: Manchester United Ingin Bawa Kembali Chicharito dan Tikung Manchester City, Gempar!)

Sebelumnya kaum wanita juga sudah mulai diizinkan menyetir di Arab Saudi pada bulan Juni tahun 2017.

Pihak penyelenggaran pertandingan Al Ahli kontra Al Batin melakukan pengamanan ketat untuk laga perdana yang disaksikan wanita di Arab Saudi ini.

Petugas keamanan wanita dengan rompi oranye terang dikerahkan untuk pertandingan hari Jumat untuk mengamankan penggemar wanita untuk pertama kali.

Wanita Arab Saudi kebanyakan mengenakan Jilbab dengan abaya dan juga jubah hitam panjang dalam menyaksikan pertandingan ini.

(Baca Juga: Pelatih Barcelona: Saya Tak ingin Melawan Real Madrid)