Belum Pernah Menangi Gelar, Apakah Niko Kovac Layak Melatih Bayern Muenchen?

By Verdi Hendrawan - Jumat, 13 April 2018 | 10:56 WIB
Ekspresi pelatih Eintracht Frankfurt, Niko Kovac, dalam pertandingan Liga Jerman 2017-2018 menghadapi Borussia Dortmund di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Jerman, pada 11 Maret 2018. (PATRICK STOLLARZ / AFP)

Bayern Muenchen merupakan klub sepak bola terbesar dan paling bergelimang gelar di Jerman. Butuh pembuktian besar bagi siapa pun untuk bisa menjadi bagian dari klub berjulukan FC Hollywood itu.

Sepanjang sejarah klub, Bayern Muenchen telah menjuarai berbagai gelar utama, yaitu 27 Liga Jerman, 18 DFB Pokal, 5 Liga Champions, 1 Piala UEFA, 1 Piala Dunia Klub, dan 2 Piala Interkontinental.

Tidak ada klub yang memiliki torehan lebih baik ketimbang Bayern Muenchen di Jerman.

Bayern Muenchen pun memiliki tradisi untuk mengangkat pelatih dengan reputasi besar, setidaknya pernah menjuarai gelar bergengsi dalam karier kepelatihannya.

Tradisi ini sudah terjadi dalam 26 tahun terakhir atau 1992. Dalam kurun waktu tersebut, Bayern Muenchen telah mengangkat 11 pelatih berbeda yang memiliki rekam jejak bagus dalam memenangi gelar bergengsi.

(Baca Juga: Jawaban Sinis Diego Simeone soal Komentar Keberhasilan AS Roma Menyingkirkan Barcelona)

Sejak Bayern Muenchen mengangkat Erich Ribbeck sebagai pelatih pada Maret 1992, tidak pernah lagi ada pelatih dengan pengalaman minim dan tanpa raihan gelar yang dipercaya Die Roten untuk menangani tim mereka.

Selain Ribbeck, para pelatih yang pernah diangkat Bayern Muenchen itu adalah nama-nama beken seperti Franz Beckenbauer, Giovanni Trapattoni, Otto Rehhagel, Ottmar Hitzfeld, Felix Magath, Juergen Klinsmann, Louis van Gaal, Jupp Heynckes, Pep Guardiola, hingga Carlo Ancelotti.

Pelatih terakhir yang diangkat Bayern Muenchen tanpa raihan gelar adalah Soren Lerby pada Oktober 1991.

Mantan pemain asal Denmark tersebut baru pensiun saat itu dan diangkat Bayern Muenchen untuk menangai tim, tapi hanya bertahan satu tahun.