Final Liga Europa Marseille Vs Atletico Madrid, Prancis Lawan Spanyol Episode 2

By Beri Bagja - Jumat, 4 Mei 2018 | 05:30 WIB
Sergio Aguero (kanan) berduel dengan Elamin Erbate dalam partai Liga Champions antara Atletico Madrid lawan Olympique Marseille di Vicente Calderon, Madrid, 1 Oktober 2008. (PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

Olympique Marseille dan Atletico Madrid resmi menjadi pengisi dua kursi di final Liga Europa musim ini. Partai puncak akan digelar di Stadion Parc Olympique Lyonnais pada 16 Mei 2018.

Olympique Marseille maju ke final setelah melalui laga dramatis di markas Red Bull Salzburg, Kamis (3/5/2018) atau Jumat dini hari WIB.

Lewat babak ekstra, Dimitri Payet dkk kalah 1-2, tapi tetap lolos dengan agregat 3-2 karena mengantongi kemenangan 2-0 pada semifinal pertama.

Setengah jam lebih awal, Atletico Madrid menang 1-0 atas Arsenal sekaligus meraih tiket ke Lyon berkat keunggulan agregat 2-1.


Para pemain Olympique Marseille merayakan gol yang dicetak Rolando ke gawang FC Red Bull Salzburg dalam partai Liga Europa di Salzburg Stadion, 3 Mei 2018. Marseille kalah, tetapi lolos ke final dengan keunggulan agregat 3-2 untuk menantang Atletico Madrid.(CHRISTOF STACHE / AFP)


Penyerang Atletico Madrid, Diego Costa (kiri), merayakan gol yang dicetak ke gawang Arsenal dalam laga leg kedua semifinal Liga Europa di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol pada 3 Mei 2018.(PIERRE-PHILIPPE MARCOU/AFP)

Kemunculan Marseille dan Atletico di final musim ini menjadi kali kedua wakil Prancis dan Spanyol bersua dalam laga puncak ajang Piala UEFA/Liga Europa.

Kejadian pertama berlangsung pada Piala UEFA edisi 2003-2004.

(Baca Juga: Final Liga Champions Real Madrid Vs Liverpool, Ulangan Partai Puncak 1981)

Pelakon final kala itu tak lain adalah Marseille, yang menghadapi Valencia CF.