Sejarah Hari Ini, Ketika Aberdeen yang Dilatih Alex Ferguson Hajar Real Madrid

By Dimas Wahyu Indrajaya - Jumat, 11 Mei 2018 | 17:54 WIB
Pelatih Aberdeen, Alex Ferguson, bersama asistennya, Archie Knox, mengangkat trofi gelar juara Piala Winners usai timnya mengalahkan Real Madrid dengan skor 2-1 pada 11 Mei 1983. (DAILYMAIL.CO.UK)

Sebelum mencatatkan namanya sebagai pelatih legendaris Manchester United, nama Sir Alex Ferguson sudah mahsyur di klub Skotlandia, Aberdeen.

Manchester United menunjuk Alex Ferguson pada tahun 1986 tentunya karena prestasi yang ia raih dengan klub sebelumnya.

Sosok kelahiran Glasgow, Skotlandia, 31 Desember 1941 menuai kesuksesan manis bersama Aberdeen yang ia latih pada periode 1978-1986.

(Baca Juga: Sejarah Hari Ini, Alex Ferguson Jadi Manajer Manchester United)

Prestasi yang paling mentereng saat Ferguson melatih Aberdeen terjadi pada 11 Mei 1983 dimana timnya memenangkan Piala Winners.

Lawan Aberdeen di final tidak sembarangan, karena yang mereka lawan di Stadion Nya Ullevi, Gothenburg, Swedia, adalah tim besar Spanyol Real Madrid.

Namun Aberdeen yang diperkuat pemain-pemain asli Skotlandia tidak gentar melawan Madrid yang dilatih eks pemain legendaris mereka, Alfredo Di Stefano.

Gordon Strachan cs sanggup menang 2-1 melalui babak tambahan.

Gelar tersebut merupakan gelar kompetisi internasional pertama bagi Aberdeen sekaligus Alex Ferguson di karier kepelatihannya.

Tahun 1983 memang menjadi tahun keberuntungan bagi pemilik gelar "sir" itu.