Hamburg Turun Kasta, Inilah Daftar Tim yang Belum Pernah Degradasi di Liga Top Eropa

By Verdi Hendrawan - Minggu, 13 Mei 2018 | 08:01 WIB
Pelatih Hamburg SV, Christian Titz, berbicara kepada para pemain usai laga Liga Jerman versus Borussia Moenchengladbach di Stadion Volkspark, Hamburg, Jerman, Sabtu (12/5/2018) waktu setempat. (AXEL HEIMKEN/DPA/AFP)

Tragedi menimpa Hamburg pada akhir Liga Jerman musim 2017-2018. Sejak klub berjulukan Die Rothosen itu tampil di musim pertama Bundesliga pada 1963-1964, baru kali ini mereka terdegradasi.

Pada pertandingan terakhir Liga Jerman 2017-2018, Hamburg berhasil meraih kemenangan 2-1 atas Borussia Moenchengladbach di kandang sendiri, Stadion Volksparkstadion, Sabtu (12/5/2018).

Dua gol Hamburg melalui penalti Aaron Hunt (menit ke-11) dan sontekan Lewis Holtby (63') hanya mampu dibalas Borussia Moenchengladbach sekali via aksi individu Josip Drmic (28').

Namun, kemenangan tersebut menjadi sia-sia karena pada saat yang sama di tempat lain, Wolfsburg berhasil meraih kemenangan 4-1 atas tim juru kunci, FC Koeln.

Hasil tersebut membuat Wolfsburg berhat tampil di laga play-off degradasi menghadapi penghuni peringkat ketiga Bundesliga 2, Holstein Kiel.

(Baca Juga: Hasil Liga Spanyol - Jan Oblak Jadi Penentu Atletico Madrid Segel Posisi Kedua Klasemen)

Terdegradasinya Hamburg ini menjadi ironi karena mereka adalah satu-satunya tim kasta teratas Liga Jerman yang telah tampil sejak musim pertama Bundesliga pada 1963-1964 dan belum pernah merasakan degradasi.

Sebenarnya ada tim Liga Jerman lainnya yang belum pernah merasakan degradasi, yaitu Bayern Muenchen.

Hanya saja Bayern Muenchen mengawali perjalanan mereka dari Divisi Regional Liga Zona Selatan dan baru promosi ke kasta teratas Liga Jerman pada musim 1965-1966.

Turunnya Hamburg ke Bundesliga 2 ini membuat kasta teratas Liga Jerman membuat semua peserta musim pertama telah merasakan degradasi, sama halnya dengan Liga Inggris.