Rekapitulasi Liga Prancis Musim 2017-2018, Serunya Rebutan Tiket Eropa

By Bagas Reza Murti - Minggu, 20 Mei 2018 | 05:54 WIB
Pemain Olympique Lyon, Memphis Depay (tengah), merayakan gol yang dia cetak ke gawang Paris Saint-Germain dalam laga Liga Prancis di Stadion Groupama, Decines-Charpieu, pada 21 Januari 2018. ( JEFF PACHOUD/AFP )

Rangkaian musim Ligue 1 atau kompetisi Liga Utama Jerman musim 2017-2018 telah berakhir. Sejumlah kepastian mewarnai hasil pertandingan pekan ke-38 yang berlangsung pada Sabtu (19/5/2018) atau Minggu dini hari WIB.

Liga Prancis sendiri telah resmi mempunyai juara sejak pekan ke-33 pada 15 April.

Pada saat itu, Paris Saint-Germain mengalahkan pemegang gelar Liga Prancis musim lalu, AS Monaco, dengan skor 7-1, sekaligus memastikan gelar juara Liga Prancis musim 2017-2018.

Meski begitu, PSG seolah tak berhasrat lagi pada pekan-pekan selanjutnya. Les Parisien tercatat hanya sekali menang dalam 5 pertandingan sisa.

Laga pekan ke-38 Liga Prancis ditutup PSG dengan hasil imbang melawan SM Caen 0-0.

Persaingan ketat justru terjadi dalam perebutan tiket menuju kompetisi Eropa. Dalam klasemen akhir, AS Monaco dan Olympique Lyon resmi menemani PSG berlaga di Liga Champions musim depan.

(Baca juga: Jadwal Final Liga Champions 2018 - Real Madrid Vs Liverpool FC)

Keduanya sukses meraih kemenangan di laga terakhir unuk mengunci posisi kedua dan ketiga di akhir klasemen.

Sementara, finalis Liga Europa , Olympique Marseille harus rela kembali berlaga di Liga Europa musim depan karena menempati peringkat ke-4 di akhir klasemen.

Kemenangan di laga terakhir tak mampu membawa Marseille berlaga di Liga Champions musim depan. Mereka hanya terpaut satu poin dari Lyon di klasemen akhir.