Belajar Semangat Pantang Menyerah dari Klub Sepak Bola Terburuk

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Jumat, 9 November 2018 | 06:48 WIB
Cuplikan film A Long Way To Winning. (ISTIMEWA)

Anda sedih tim kesayangan seringkali kalah atau tidak memenangi trofi selama bertahun-tahun? Maka belajarlah dari tim asal Skotlandia bernama Fort William FC.

Fort William FC merupakan klub semi-profesional yang bermain di The Scottish Highland Football League (selanjutnya disebut Liga Highland) yang merupakan liga kasta kelima di Skotlandia.

Jika dengan melihat kompetisi di mana Fort William tampil sudah membuat miris, tahan penilaian Anda untuk melihat pencapaian klub yang oleh majalah FourFourTwo disebut sebagai yang terburuk di Pulau Britania.

Fort William FC sudah 14 kali mengakhiri musim di dasar klasemen dalam 20 tahun terakhir keikutsertaan mereka di Liga Highland.

Musim ini performa mereka juga tidak membaik. Fort William FC terdampar di dasar klasemen setelah melalui 16 pertandingan di Liga Highland.

Fort William FC tidak pernah menang (sejak musim sebelumnya), kebobolan 115 kali, dan mendapat pengurangan 8 poin karena menurunkan pemain ilegal.


Cuplikan film "A Long Way To Winning."(ISTIMEWA)

(Baca Juga: Piala AFF Futsal 2018 - Kondisi Terkini Dua Pilar Indonesia Jelang Tantang Thailand)

A Long Way To Winning

Kendati demikian, tidak semua hal yang terjadi di klub yang punya julukan "The Fort" adalah buruk dan tidak bisa dijadikan contoh.