Ini Pendapat Saktiawan Sinaga Soal Kehadiran Wasit Asing di Liga 1

By Minggu, 6 Agustus 2017 | 15:32 WIB
Mantan pemain tim nasional Indonesia, Saktiawan Sinaga, saat memimpin sebuah sesi latihan. (ABDI PANJAITAN/BOLASPORT.COM)

Eks pemain timnas Indonesia asal Sumatera Utara, Saktiawan Sinaga, menilai kehadiran wasit asing di Liga 1 cukup positif untuk menertibkan pemain.

Ini terbukti dalam laga perdana penggunaan wasit asing dalam laga Persib Bandung versis PS TNI, Sabtu (5/8/2017) di Stadion Si Jalak Harupat.

"Positifnya ya sudah pasti pemain indonesia akan lebih teratur. Lihat saja laga Persib melawan PS TNI kemarin, tidak ada protes berlebihan seperti biasa kita tonton," kata Saktiawan Sinaga kepada BOLASPORT.com.

"Kalau untuk menunjang kompetisi, mendisiplinkan, serta menertibkan pemain memang lebh bagus wasit asing," ucap Sakti - panggilan Saktiawan Sinaga.

"Karena ini juga akan berimbas ke laga-laga nasional nantinya. Karena pemain lebih sering terbawa aturan dan prilaku dari kompetisi di laga internasional," lanjutnya.

Baca Juga: Wah, Ternyata Lionel Messi Akan Lebih Merindukan Neymar ketimbang Luis Suarez, Ini Buktinya

Namun, menurut Sakti, kehadiran wasit asing ini juga buah dari ketidakpercayaan pemain.

Mantan pemain PSMS Medan ini mencontohkan sebuah tim saat laga away sudah langsung terganggu psikis akibat ulah wasit.

"Pasti setiap pemain yang akan melakni laga tanding sudah memikirkan soal wasit. Pasti tim tamu dirugikan. Jadi kehadiran wasit asing ini buntut rasa tak percaya pemaim kita sendiri juga," ujar Saktiawan Sinaga yang terkejut melihat wasit asing memimpin laga Persib versus PS TNI.

"Sepak bola kita sudah tersugesti dengan pola kepemimpinan wasit bakal menguntungkan tuan rumah," ucapnya.