PSSI Bolehkan Pemain Asing Tanpa ITC, tetapi...

By Segaf Abdullah - Selasa, 15 Agustus 2017 | 09:24 WIB
Striker Persib Bandung, Rzechiel N'Douassel (tengah), memperhatikan jalannya laga pekan ke-19 Liga 1 antara Persib Bandung vs Arema FC di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur, Sabtu (12/08/2017) malam. (SUCI RAHAYU/BOLASPORT.COM)

PSSI menerbitkan kebijakan baru untuk putaran kedua Liga 1 musim 2017.

Hal itu terkait dengan International Transfer Certificate (ITC ) pemain asing baru.

Sebelumnya, Arema FC melayangkan surat protes kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB), selaku operator Liga 1.

Klub berjuluk Singo Edan itu menyoalkan striker baru Persib Bandung asal Chad, Ezechiel N Douassel.

Douassel yang belum memiliki ITC sudah diturunkan Persib pada laga melawan Arema FC pada pekan ke-19, Sabtu (12/8/2017).

Meskipun, duel tersebut berakhir dengan skor imbang nirgol.

Menyadari hal itu, PT LIB pun langsung menerbitkan surat resmi kepada klub-klub peserta Liga 1.

Dalam suratnya tersebut, PT LIB menyampaikan permohonan maaf dan mengaku tidak mengabarkan secara menyeluruh kepada klub peserta terkait kebijakan baru PSSI yang sebetulnya sudah diterbitkan per tanggal 9 Agustus 2017 tersebut.

"Bahwa terhadap hal tersebut, PT LIB menegaskan terhadap pemain asing baru yang sedang dalam proses request ITC melalui Transfer Matching System (TMS) mendapatkan pengesahan (sementara) dan dapat dimainkan dengan ketentuan sebagaimana dijelaskan dalam surat PSSI terlampir," begitu yang tertulis dalam surat PT LIB.

Sedangkan dalam surat PSSI kepada PT LIB, tertera beberapa syarat yang harus dilakukan oleh para pemain impor yang berlaga di Liga 1.