Silsilah Pelatih Asal Brasil di Liga 1

By Alvino Hanafi - Selasa, 12 September 2017 | 23:15 WIB
Pelatih Jacksen F TIago saat menyaksikan final Piala Askot PSSI Surabaya 2016 di Stadion Gelora 10 November, Surabaya, Sabtu (5/11/2016). (SUCI RAHAYU/JUARA.net)

Ada lima pelatih asal Brasil di Liga 1 musim ini. Kelimanya pernah memiliki satu ikatan kerja alias pernah bekerja sama dalam sebuah tim.

"Semua pelatih Brasil di sini pernah bekerja sama. Hampir semuanya juga datang ke sini karena Jacksen, termasuk saya," ujar Wanderley Junior, pelatih Persipura Jayapura.

"Saya ingat dahulu, Jacksen lah yang membelikan tiket pesawat saya ke Indonesia untuk bermain bola," tutur juru taktik berusia 52 tahun itu.

Ketika kelimanya saling beradu taktik, pertemuan mereka bisa diberi tajuk dengan istilah 'satu guru satu ilmu', mengingat kelimanya pernah menimba ilmu kepelatihan di Brasil dari guru yang sama yakni Mario Zagallo.

Berikut ini adalah deretan pelatih Brasil di Liga 1 musim 2017 beserta silsilahnya:

1. Jacksen Ferreira Tiago (Barito Putera)


Pelatih Barito Putera, Jacksen F Tiago saat mendampingi timnya yang dijamu Arema FC pada laga Liga 1 musim 2017 di Stadion Kanjuruhan, Kab Malang, 5 Mei 2017. (SUCI RAHAYU/JUARA.NET)

Dari kelima di antara mereka, Jacksen lah yang memulai karier kepelatihannya lebih dulu bersama Assyabaab Surabaya pada 2002.

Setelah Jacksen melatih Assyabaab, Jacksen melatih Persebaya Surabaya pada 2003 hingga 2005 dan di sana pula lah Jacksen membawa Teco Cugurra sebagai pelatih fisik Persebaya.

Tiga musim berselang setelah meninggalkan Persebaya, Jacksen bergabung dengan Persipura sebagai pelatih kepala.