Dikritik Salah Menangani Insiden Choirul Huda, Ini Tanggapan Tim Medis di Stadion Surajaya Lamongan

By Irwan Febri Rialdi - Rabu, 18 Oktober 2017 | 08:51 WIB
Tim medis saat akan mengangkat kiper Persela, Choirul Huda yang tak sadarkan diri seusai bertabrakan dengan rekannya, Ramon Rodrigues, dan penyerang Semen Padang, Marcel Sacramento pada laga pekan ke-29 Liga 1 musim 2017 di Stadion Surajaya, Lamongan, Minggu (15/10/2017). (TB KUMARA/BOLASPORT.COM)

Tim medis di Stadion Surajaya Lamongan menjadi sasaran beberapa pihak karena dirasa tak mampu melakukan penanganan yang tepat saat terjadi insiden kepada Choirul Huda.

Menanggapi isu tersebut, Budi Wignyo Siswoyo, Kepala IGD RSUD Soegiri Lamongan dan Ketua Tim Medis Persela Lamongan angkat bicara.

Ia menegaskan yang dilakukan tim medis saat menangani kiper Choirul Huda usai terlibat benturan, Minggu (15/1/2017), sudah sesuai aturan.

Tindakan pertama kali, Budi telah membuka jalan nafas Choirul Huda yang sudah tak sadarkan diri.

(Baca Juga: Apa yang Dikatakan Choirul Huda di Warung Kopi Menjadi Kenyataan)

"Saat di TKP (tempat kejadian perkara) itu kami mulai dengan membuka jalan nafasnya."

"Kami menarik lidah Mas Huda agar jalan nafas tetap terbuka. Karena saat itu Mas Huda perlu sekali jalan nafasnya terbuka."

"Setelah itu kami beri nafas bantuan lewat oksigen. Baru kami lakukan tahapan berikutnya. Kami lakukan sesuai prosedur," ujar Budi seperti dikutip BolaSport.com dari Surya.co.id, Selasa (17/10/2017).

Budi menjelaskan, jika jalan nafas tidak terbuka terlebih dahulu, meskipun diberikan bantuan oksigen, nafas tidak akan bisa masuk ke paru-paru.

(Baca Juga: Kematian Choirul Huda Buat Kiper Bali United Ini Alami Trauma)