Lulus Verifikasi AFC, Ada Tiga Syarat yang Harus Dipenuhi Persija

By Mochamad Hary Prasetya - Kamis, 26 Oktober 2017 | 17:36 WIB
Bek Ryuji Utomo (dua dari kanan) bersama pemain Persija lainnya selepas mengheningkan cipta untuk almarhum Choirul Huda sebelum menjamu Semen Padang pada laga pekan ke-31 Liga 1 musim 2017 di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, 22 Oktober 2017. (HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLASPORT.COM)

Persija Jakarta memang sudah dipastikan lulus verifikasi lisensi klub AFC bersama dengan empat klub lainnya yakni Persib Bandung, Arema FC, Madura United, dan Bali United. 

Namun ada tiga syarat yang harus dipenuhi oleh klub berjulukan Macan Kemayoran tersebut.

Club Lisensi Operation (CLO) Persija, Darwis Satmoko, mengatakan tidak mudah untuk mengurusi lisensi AFC tersebut.

Sebab ada 49 kriteria yang terbagi dalam tiga kelompok dan wajib dipenuhi oleh setiap klub.

Kata Darwis, Persija sudah menyelesaikan kriteria A yang terdiri dari 33 kategori dan kriteria C dengan delapan kategori.

Sedangkan, di kriteria B ada dua dari delapan kategori yang belum dilakukan oleh Persija.

Kategori tersebut adalah Insfraktruktur Stadium - Spectator with disabilitie, Financial - Duty to notifity subsequent events, dan Financial - Duty to update future financial information.

"Jadi ada tiga kriteria dan yang wajib itu A. Persija untuk kriteria A sudah lulus semua termasuk kriteria C yang terdiri dari delapan kategori," ucap Darwis kepada BolaSport.com dan SuperBall.id di Kantor Persija, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Kamis (26/10/2017).

"Namun ada sebuah catatan di kriteria B yang terdapat tiga kategori suporting, finansial, dan insfraktruktur. Di kategori suporting Persija lulus, hanya di insfraktruktur ada satu catatan yang belum diselesaikan Persija, yakni fasilitas untuk penyandang cacat di dalam Stadion Patriot."

"Lalu finansial, di mana ada kategori tentang kewajiban pemberitahuan keuangan di masa mendatang dan terakhir juga terkait keuangan," kata Darwis.