Banyak Gelaran Nobar, Arema Hadapi Krisis Loyalitas Fans dan Perubahan Zaman

By Ovan Setiawan - Jumat, 17 November 2017 | 20:09 WIB
Pendukung Arema FC, Aremania, memadati stadion Kanjuruhan, Kab. Malang, Sabtu (04/11/2017) malam, saat mendukung tim kesayangan mereka melawan Semen Padang dalam laga pekan ke-32 Liga 1. (SUCI RAHAYU/BOLASPORT.COM)

Pekerjaan rumah untuk musim depan sepertinya bukan hanya untuk tim Arema FC. Di kalangan Aremania, menurunnya tingkat kehadiran dalam menyaksikan langsung pertandingan kandang Singo Edan juga menjadi persoalan tersendiri.

Aremania punya penilaian yang berbeda-beda soal faktor yang menjadi penyebab ada yang enggan memenuhi stadion.

Amin, tokoh Aremania asal Sukorejo, Pasuruan menuturkan bahwa perubahan zaman turut memberikan andil sepinya stadion.

“Memang sulit untuk menerka apa yang sebenarnya terjadi di Aremania. Namun, mungkin ini karena perkembangan zaman. Teknologi semakin maju, nonton Arema bisa dilakukan dimana saja, televisi atau sosial media,” ujar Amin.

Situasi yang sangat disayangkan menurut Amin adalah budaya baru yang seharusnya tidak terjadi, yakni banyak gelaran nonton bareng saat Arema berlaga di kandang.

“Kalau saat tandang mungkin kita bisa maklum, tapi yang terjadi saat ini pertandingan kandang pun banyak yang nonton bareng,” sambungnya.

Pendapat berbeda diungkapkan oleh Achmad Gozali, Aremania asal Klayatan, Kota Malang.

(BACA JUGA: Istri Rahmad Darmawan Meminta Maaf Atas Ucapannya kepada Persib Bandung)

Menurut dia, faktor menurunnya prestasi Arema FC musim ini banyak membawa pengaruh terhadap minat Aremania untuk nonton langsung ke stadion.

“Kalau prestasi bagus, tentu Aremania akan berduyun-duyun datang ke stadion,” ungkapnya.