PSSI Daftarkan 5 Klub ke AFC, Bali United Terancam Batal Ikut Liga Champions Asia Karena Hal Ini

By Bagaskara Setyana Adhie Perkasa - Senin, 27 November 2017 | 15:55 WIB
Skuat Bali United saat perayaan laga terakhir Bali United di Liga 1 lawan Persegres Gresik United , Stadion Kapten I Wayan Dipta, Minggu (12/11/2017) (Instagram.com/baliunitedfc)

Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, memastikan bahwa pihaknya sudah mendaftarkan lima klub Liga 1 ke AFC untuk mengikuti kompetisi di level Asia musim 2018.

Kelima klub yang didaftarkannya itu adalah Bhayangkara FC, Bali United, PSM Makassar, Persija Jakarta, dan Madura United.

Kelima klub tersebut didaftarkan dikarenakan sesuai dengan peringkat klasemen akhir di kompetisi Liga 1 2017 meskipun ada beberapa tim yang belum memiliki lisensi AFC.

Dari lima klub itu, hanya Bali United, Persija Jakarta, dan Madura United, yang lulus verifikasi lisensi klub AFC dengan beberapa syarat.

Jika AFC memutuskan untuk menetapkan klub-klub lisensi yang bisa berlaga di kompetisi Asia, maka dari lima tim itu hanya Bali United, Persija, dan Madura United, yang menjadi perwakilan Indonesia.

(Baca Juga: Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, memastikan bahwa pihaknya sudah mendaftarkan lima klub Liga 1 ke AFC untuk mengikuti kompetisi di level Asia musim 2018. )

Bali United kemungkinan besar akan tampil di Liga Champions Asia mengingat mereka adalah klub berlisensi yang finis di bawah Bhayangkara FC yang belum berlisensi.

Sementara Persija Jakarta dan Madura United akan tampil di AFC Cup.

Keadaan bisa saja berubah andai AFC tak menggunakan lisensi sebagai pertimbangan pemilihan klub yang akan tampil di level Asia.

Andai lisensi ternyata tak digunakan sebagai pertimbangan maka Bhayangkara FC lah yang akan membawa nama Indonesia di ajang Liga Champions Asia.