Mengenal Deretan Nomor Punggung 'Keramat' di Sriwijaya FC

By Stefanus Aranditio - Senin, 29 Januari 2018 | 09:30 WIB
Pemain Sriwijaya FC bersiap memulai laga melawan Persib Bandung pada partai pembukaan Piala Presiden 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kab. Bandung, Selasa (16/1/2018). (HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLA/BOLASPORT.COM)

 Nomor punggung pemain menjadi angka yang sakral dan memiliki makna yang mendalam bagi pemain sendiri ataupun bagi sebuah klub sepak bola.

Nomor sepuluh dianggap sebagai nomor paling keramat di dunia si kulit bundar, pengguna nomor ini biasanya adalah peman kunci atau seorang mesin gol.

Sriwijaya FC sebagai klub sepak bola profesional asal Palembang, Sumatera Selatan juga memiliki cerita unik dalam penentuan nomor punggung pemain.

Klub yang berjuluk Laskar Wong Kito ini memiliki cerita tersendiri terkait beberapa angka yang 'keramat', berikut deretan nomornya:

  • Nomor 10

Nomor 10 di Sriwijaya FC sebelumnya dipakai oleh sosok yang memiliki peran penting, nama pemain bintang seperti Zah Rahan Krangar dan Hilton Moreira telah berhasil mengemban nomor 10 dengan baik.

Keduanya bermain apik dan jasanya membawa SFC juara telah melekat di publik Sriwijaya FC.

Musim ini, nomor 10 dipercayakan kepada playmaker bintang asal Mali, Makan Konate.


Gelandang Sriwijaya FC, Makan Konate, saat tampil melawan Persib Bandung dalam laga pembuka Piala Presiden 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kab. Bandung, Selasa (16/1/2018).(HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLA/BOLASPORT.COM)

  • Nomor 18

Nomor 18 identik dengan pemain gelandang yang berperan sebagai pengatur serangan atau pengumpan dari sisi sayap permainan.

Nomor 18 di Sriwijaya FC musim lalu digunakan oleh Ahmad Maulana di putaran pertama dan diteruskan oleh Ahmad Faris yang direkrut pada pertengahan musim.