Kesan Positif Bek Mitra Kukar Dilatih Pelatih Asal Spanyol

By Suci Rahayu - Rabu, 7 Februari 2018 | 15:55 WIB
Bek Mitra Kukar, Dedi Gusmawan, sebelum melawan Persija Jakarta pada babak delapan besar Piala Presiden 2018 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (4/2/2018). (SUCI RAHAYU/BOLASPORT.COM)

Setelah musim lalu mempercayai pelatih lokal, musim 2018 ini manajemen Mitra Kukar menunjuk Rafael Berges Martin sebagai juru taktik. Kedatangan pelatih asal Spanyol ini rupanya disambut dengan positif oleh para pemain.

Salah satu pemain yang menyambut positif adalah Dedi Gusmawan.

Bek tangguh Mitra Kukar ini merasa kehadiran Rafael membuat suasana di Mitra Kukar makin nyaman. Sebab, Rafael sangat dekat dengan para pemainnya.


Ekspresi pelatih Bek Mitra Kukar, Rafael Berges Martin, dalam laga babak delapan besar Piala Presiden 2018 melawan Persija Jakarta di Stadion Manahan, Solo, Minggu (4/2/2018).(SUCI RAHAYU/BOLASPORT.COM)

Menurut Dedi, Rafael tidak segan untuk mengajak bicara para pemainnya, meski masih terbatas kendala bahasa. Hal tersebut membuat pemain merasa nyaman dan mudah menyerap instruksi yang dia berikan.

(Baca Juga: Setelah George Weah, Kini Giliran Mantan Pemain Liverpool yang Ingin Jadi Presiden)

“Dia itu pelatih yang sangat dekat dengan pemainnya. Kami sering bicara dan saya juga sering tanya kepad dia bagiamana cara main yang benar. Saya nyaman dengan gaya melatihnya karena dekat dengan pemain,” tutur Dedi.


Aksi Striker Persija Jakarta, Ivan Carlos, saat menggiring bola dibayangi bek Mitra Kukar, Dedi Gusmawan pada babak delapan besar Piala Presiden 2018 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (4/2/2018).(SUCI RAHAYU/BOLASPORT.COM)

Selain itu, Dedi juga menuturkan bahwa Rafael mengajarkan banyak hal baru baginya dan pemain Mitra Kukar lain.

Mantan pelatih Celta Vigo tersebut selalu minta pemain untuk lebih berani bermain dengan bola dan melakukan umpan pendek.