Arema FC Ubah Taktik, Thiago Furtuoso Mendadak Jadi Bek

By Ovan Setiawan - Rabu, 7 Februari 2018 | 19:01 WIB
Striker Arema FC, Thiago Furtuoso, melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Persela Lamongan pada laga kedua Piala Presiden 2018 Grup E di Stadion Gajayana Malang, Jawa Timur, Sabtu (20/01/2018) malam. (SUCI RAHAYU/BOLASPORT.COM)

 Striker jangkung Arema FC tidak bermain dalam posisinya dalam sesi latihan di Lapangan Dirgantara, Paskhas Abdurrachman Saleh, Pakis, Kabupaten Malang pada Rabu (7/2/2018). 

Dia tempatkan oleh pelatih Arema FC, Joko Susilo sebagai bek. Kenapa  hal itu bisa terjadi?

Rupanya perubahan ini tak lepas dari sesi latihan acak yang diterapkan Joko Susilo

“Ini random training. Latihan ini bertujuan untuk team building. Bahasa Indonesianya, bagaimana kalau situasi ini terjadi pada pemain yang bukan posisinya,” ujar pelatih yang akrab disapa Getuk itu seusai memimpin latihan.

(Baca Juga: Arema FC Tak Berubah Pikiran Terkait Mundurnya Piala Gubernur Kaltim)

Bukan hanya Furtuoso yang mencicipi posisi yang jauh berbeda dari aslinya, pemain yang lain juga demikian.

Bek Junda Irawan misalnya, menjadi seorang striker dan turut aktif melakukan serangan.


Pelatih Arema FC, Joko Susilo (kiri), menghampiri pemainnya untuk memberi arahan saat melawan PSIS Semarang pada laga pekan kedua turnamen Piala Presiden 2018 Grup E di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur, Kamis (25/01/2018) malam.(SUCI RAHAYU/BOLASPORT.COM)

Menurut Joko, latihan tersebut membuat pemain bisa memahami apa yang dirasakan pemain lain di posisi berbeda. 

“Misalkan jika pemain belakang butuh dukungan, pemain lain juga perlu tahu. Ini sebetulnya merupakan program bahwa semua pemain harus siap dalam posisi apa pun, tidak ada pemain yang spesialis berada di satu posisi,” tutur pelatih asal Cepu itu.