Melalui Pesan Singkat, Ini Sosok Penting di Balik Proses Naturalisasi Alberto Goncalves

By Akhir Mala - Sabtu, 10 Februari 2018 | 09:56 WIB
Aksi striker Sriwijaya FC, Beto Goncalves saat timnya dijamu Cilegon United pada uji coba di Stadion Krakatau Steel, Kamis (11/1/2018). (HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLASPORT.COM)

Bomber Sriwijaya FC, Alberto Goncalves alias Beto akhirnya resmi jadi Warga Negara Indonesia (WNI), setelah berkarir selama 12 tahun di dunia sepak bola Tanah Air.

Alberto Goncalves yang kelahiran Brasil resmi menjadi WNI setelah surat dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia keluar.

Dalam surat tertanggal 6 Februari 2018 tersebut, dijelaskan jika Beto telah berhak menyebut dirinya sebagai Warga Negara Indonesia yang sah.

Namun dibalik proses naturalisasi tersebut, ternyata ada sosok penting di belakang eks pemain depan Persipura ini.

(Baca juga: Bersama Kedah FA, Andik Vermansah Pilih Nomor Punggung Tak Terduga)

Sosok tersebut juga pernah membela Sriwijaya FC pada 2007-2012, yang akhirnya memutuskan pensiun dari dunia sepak bola, yakni Keith Kayamba Gumbs.

Bersama Sriwijaya FC, Kayamba Gumbs juga memiliki peran yang penting.

Kayamba Gumbs pernah memegang ban kapten dan berperan sebagai asisten pelatih Sriwijaya FC.

Dalam sebuah pesan singkat melalui aplikasi chat WhatsApp, Beto menyampaikan rasa terima kasih untuk pria asal St Kitt n Nevis itu.

"Halo papa!! Saya ucapkan terima kasih atas bantuan untuk jadi WNI. Kamu yang bicara terus dengan manajer SFC. Kamu juga penting untuk ini terjadi. Makasih ya. Beto," tulis Beto via WhatsApp kepada Kayamba Gumbs.