Arema FC Sudah Dua Kali Tersandung Kasus Regulasi Pemain Asing

By Ramaditya Domas Hariputro - Jumat, 16 Februari 2018 | 17:32 WIB
Gelandang asing Arema FC, Rodrigo Ost Santos, saat mengikuti latihan perdana bersama Arema FC di Lapangan Dirgantara Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa (12/12/2017) sore. (SUCI RAHAYU/BOLASPORT.COM)

Kasus yang menjerat Arema FC terkait verifikasi pemain asing jelang kompetisi resmi 2018 bukan yang pertama.

Baru-baru ini, playmaker berkebangsaan Brasil, Rodrigo Ost dos Santos didepak dari skuat berjulukan Singo Edan.

Merujuk pada surat hasil verifikasi PT Liga Indonesia Baru (LIB) terkait status pemain asing, Rodrigo belum memenuhi syarat.

Dalam surat itu menyebutkan, bahwa sang gelandang asal Brasil ini tidak mendapatkan rekomendasi tampil di kompetisi resmi Liga 1.

(Baca Juga: 5 Fakta Kesuksesan Bali United Tembus Babak Final Piala Presiden 2018)

Rodrigo dinilai tidak memenuhi persyaratan sebagai pemain asing karena tak pernah diturunkan oleh klub sebelumnya, Moto Club.

Dalam kabar yang beredar, tidak ada menit bermain yang tercantum dalam klub terakhir yang dibelanya di Campeonato do Brasileiro Serie C Brasil.

“Bukan karena klub terakhir yang menjadi persoalan, tetapi tidak ditemukan data mengenai menit bermain Rodrigo bersama tim tersebut. Kalau soal klub terakhir, tim itu tidak ada masalah,” tutur Media Officer Arema FC, Sudarmaji.

Sebelum Rodrigo, nyatanya ada lagi satu sosok yang juga berposisikan sebagai playmaker dan gagal gabung, yakni Felipe Bertoldo.

Pemain yang juga berkebangsaan Brasil itu dicoret dari skuat Singo Edan setelah mempersembahkan gelar Piala Presiden 2017.