Pimpin Latihan, Pelatih Kiper Arema Bicara Bahasa Inggris dengan Terbata-bata

By Ovan Setiawan - Kamis, 8 Maret 2018 | 21:22 WIB
Pelatih kiper Arema FC asal Brasil Ricardo Felipe tengah memberikan instruksi kepada kiper-kiper Arema FC dalam latihan di Lapangan Dirgantara Kamis 8 Maret 2018 (OVAN SETIAWAN/BOLASPORT.COM)

Kehadiran Ricardo Felipe membawa suasana baru bagi kiper-kiper Arema FC dalam latihan perdana yang dilakukan di Lapangan Dirgantara, Paskhas Abdurrachman Saleh, Pakis, Kabupaten Malang  pada (8/3/2018). Ricardo tampak  melatih dengan gaya energik.

Gaya ekspresif ini terlihat saat Ricardo memberikan instruksi pada  lima kiper Arema FC yang menjalani latihan terpisah khusus kiper. 

Meski masih dalam sesi latihan perdana bagi Ricardo, namun pembawaan pelatih kiper asal Brasil itu cukup percaya diri.

Dilihat dari gaya melatihnya, Ricardo memang layak disebut sebagai pelatih kiper profesional. Dia tidak segan mendekati pemain secara personal dengan memberikan instruksi khusus.

Dalam sesi latihan tersebut diikuti oleh  semua kiper Arema FC, diantaranya adalah Kurniawan Kartika Ajie, Utam Rusdiyana, Joko Ribowo, Tedi Heri hingga Reki Rahayu.

Sebagai pelatih yang baru saja menginjakkan kaki di Indonesia, Ricardo memang belum menguasai bahasa Indonesia.

Bahkan, menggunakan bahasa Inggris dirinya juga masih terbata-bata.

Akan tetapi, Ricardo  selalu fasih dalam memberikan instruksi, dia selalu memperagakan apa yang dia perintahkan pada kiper Arema FC.

General manager Arema FC, Ruddy Widodo, mengungkapkan bahwa dirinya sama sekali tidak khawatir terhadap terbatasnya kemampuan bahasa Ricardo.

Ruddy percaya bahwa sepak bola memiliki bahasa universal yang bisa dimengerti oleh siapapun.