Ini Rahasia Haruna Soemitro Sukses Kelola Madura United

By Suci Rahayu - Jumat, 16 Maret 2018 | 11:01 WIB
Manajer Madura United, Haruna Soemitro, memberikan arahan kepada pemainnya saat menghadiri sesi latihan tim yang digelar di Stadion Gelora Bangkalan, Minggu (16/12/2017). (SUCI RAHAYU/BOLASPORT.COM )

Haruna Soemitro selama ini dikenal sebagai salah satu sosok sentral di klub Madura United. Berposisi sebagai manajer, mantan ketua Asprov PSSI Jatim ini sukses mengembangkan tim beralias Laskar Sape Kerrab ini jadi salah satu klub papan atas di Indonesia.

Haruna menceritakan bahwa mengelola sepak bola adalah hal yang gampang-gampang susah. Akan gampang bagi orang yang memang mencintai pekerjaan ini, namun sulit bagi mereka yang memang tidak punya dasar kecintaan kepada olahraga paling merakyat di Indonesia ini.

(Baca Juga: Berubah Drastis! Nasib Tim Italia Lebih Mujur di Liga Champions ketimbang Liga Europa)

“Mengelola tim bola itu seperti gampang, tapi akan sulit bagi siapapun itu yang tidak punya kecintaan kepada bola. Tapi kalau saya kan sejak dulu memang senang dengan sepak bola, sehingga pekerjaan di Madura United ini sangat saya nikmati dan menjadi gampang-gampang saja,” papar Haruna kepada BolaSport.


Manajer Madura United, Haruna Soemitro, menyaksikan laga babak penyisihan Grup B Piala Gubernur Kaltim 2018 antara Persiba Balikpapan melawan Madura united di Stadion Batakan Balikpapan, Kalimantan Timur Rabu (28/02/2018) sore.(SUCI RAHAYU/BOLASPORT.COM)

Bagi Haruna, kunci untuk bisa menciptakan tim yang hebat, adalah dari menjaga kondusivitas tim dan hubungan di dalamnya terlebih dahulu. Hal ini juga yang sangat ia jaga di klub kebanggaan masyarakat Pulau Garam tersebut.

“Paling penting dalam sebuah tim itu membuat mereka (pemain, pelatih, dan ofisial) nyaman. Khususnya pemain, adalah sangat penting kita bisa menjaga dan memahami suasana hatinya."

(Baca Juga: Jadwal Pertandingan Putaran Kedua Seri Ketiga Proliga 2018 di Bandung)

"Bagaimana biar tidak sedih, kecewa, marah, serta menjaga hubungan antarpemain dan pemain dengan pengurus itu sendiri. Jika hal ini bisa dicapai, maka pemain akan bermain dengan hati, dan memberikan hasil maksimal,” imbuh mantan pengurus Persebaya Surabaya tersebut.


Manajer Madura United, Haruna Soemitro, saat menjalani sesi wawancara dengan sejumlah media.(SUCI RAHAYU/BOLASPORT.COM)