Esteban Vizcarra Resmi jadi WNI

By Ferril Dennys Sitorus - Jumat, 16 Maret 2018 | 15:15 WIB
Gelandang Sriwijaya FC, Esteban Vizcarra, merayakan gol yang ia cetak ke gawang PSMS Medan dalam laga perebutan tempat ketiga Piala Presiden 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (17/2/2018). (HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLASPORT.COM)

Gelandang Sriwijaya FC asal Argentina, Esteban Vizcarra, akhirnya menjadi Warga Negara Indonesia pada Jumat (16/3/2018), setelah menuntaskan sejumlah proses di Dirjen Keimigrasian.

Manajer Sriwijaya FC Ucok Hidayat mengatakan, surat yang menyatakan jika Vizcarra resmi jadi WNI itu diterima manajemen pada hari ini.

"Semua proses sudah selesai dan Vizcarra resmi menjadi WNI," kata gelandang berusia 31 tahun tersebut.

Sengan beralih status kewarganegaraan Vizcarra membuat Sriwijaya FC tidak lagi dipusingkan dengan kondisi kelebihan pemain asing. Saat ini dari total 29 pemain yang ada, SFC mempunyai empat orang pemain asing yang sesuai regulasi.

Empat pemain itu, Mahamamadou N`Diaye (Mali), Makan Konate (Mali), Manuchekhr Dzhalilov (Tajikistan) dan Yu Hyun Koo (Korea Selatan).

"Jadi tinggal pelatih yang mengotak-atiknya karena saat ini sudah banyak pilihan untuk pemain lokal," kata pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Sumsel ini.

Pelatih Rahmad Darmawan tentu akan terbantu dengan status baru Vizcarra.

Bila saat turnamen Piala Presiden 2018, RD harus menyimpan salah satu pemain asing seperti Vizcarra karena kelebihan kuota. 

Namun kini, dia bisa menurunkan semuanya.

Ucok Hidayat selaku Manajer Sriwijaya FC pun mengaku sangat senang karena proses naturalisasi Vizcarra juga terbilang cepat.