Sebelum Tidur, Raphael Maitimo Kerap Lakukan Hal Ini

By Suci Rahayu - Jumat, 16 Maret 2018 | 20:45 WIB
Pemain Madura United, Raphael Maitimo, beraksi pada laga babak perempat final Piala Presiden 2018 kontra Bali United, di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (3/2/2018). (SUCI RAHAYU/BOLASPORT.COM)

Gelandang serang Madura United, Raphael Maitimo, mengungkap sisi lain dari kehidupan pribadinya sebagai seorang pemain sepak bola. Maitimo mengaku punya hobi membaca buku saat waktu luang dan sebelum tidur.

Sebagai seorang pemain sepak bola profesional, aktivitas Miaitimo terkait profesinya tentu sangat padat.

Ia harus menjalani latihan rutin setiap hari bersama dengan Madura United. Maitimo juga punya waktu khusus di gym agar tetap bugar.

Tapi, di sela-sela kesibukannya sebagai pemain sepak bola, Maitimo mengaku selalu meluangkan waktu untuk menyalurkan hobinya yakni membaca buku.

Mantan pemain Arema FC ini selalu membaca buku di waktu luang.

“Saya biasanya baca buku kalau ada waktu kosong, waktu sedang menunggu atau lainnya. Saat traveling saya juga selalu mambawa buku. Saya biasanya membeli buku di toko buku yang ada di bandara,” ucap Maitimo kepada BolaSport.

Tapi, pemain naturalisasi kelahiran Belanda tersebut mengaku punya waktu favorit untuk membaca buku. “Waktu terbaik untuk membaca buku adalah sebelum tidur,” kata pemain berusia 33 tahun tersebut.


Meski hobi membaca buku, Maitimo mengaku tidak punya satu penulis idola.

Baginya, setiap penulis buku bagus pasti punya kelebihan masing-masing. Karena itu, dia tidak memiliki penulis favorit secara spesifik.

Tapi, tidak begitu dengan genre bukan yang dibacanya. Sosok yang juga pernah bermain untuk Persija Jakarta tersebut suka membaca buku-buku bisnis. Maitimo juga membaca buku tentang motivasi kehidupan.