Satu Lagi, Pemain Asing Ini Minta Dinaturalisasi demi Memajukan Sepak Bola Indonesia

By Ramaditya Domas Hariputro - Jumat, 13 April 2018 | 16:06 WIB
Pose pemain naturalisasi Indonesia, Ezra Walian, saat mencium bendera merah putih selepas disumpah menjadi WNI di Kanwil Kemkumham, Cawang, Jakarta Timur, Kamis (18/5/2017). ( SEGAF ABDULLAH/JUARA.NET )

 Kabar naturalisasi pemain asing belakangan bak roda yang terus berputar tak henti-hentinya.

Hal tersebut menyusul dua pemain Sriwijaya FC, Esteban Vizcarra dan Alberto Goncalves, yang baru saja mendapat paspor WNI.

Disusul yakni pemain anyar multifungsi milik Madura United, OK John, yang juga mengikuti langkah dua pilar Sriwijaya FC diatas.

Seiring kabar tersebut, lantas belakangan banyak pemain asing di Indonesia, khususnya yang berlaga di Liga 1 dikaitkan dengan naturalisasi.

(Baca Juga: Ironi Michael Essien, Gara-gara Didepak Persib Kini Tak Ada Tim yang Inginkan Jasanya)

Pasalnya, bagi tim-tim Indonesia, naturalisasi telah dianggap sebagai salah satu cara mujarab untuk mendapatkan jasa pemain asing idaman.

Terbaru, salah satu penjaga gawang asal Korea Selatan yang sempat malang melintang bersama tim-tim besar tanah air pun menyatakan hasrat.


Aksi kiper Persipura, Yoo Jae-hoon, saat tampil melawan Persija Jakarta dalam laga lanjutan Liga 1 di Stadion Patriot, Bekasi, pada 08 Juli 2017.(HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLA/BOLASPORT.COM)

Adalah Yoo Jae-hoo, kiper Mitra Kukar yang pernah memperkuat Persipura Jayapura dan Bali United.

Namun, kiper 34 tahun itu lebiuh dikenal sebagai bintang Persipura lantaran beberapa prestasinya.