Nasib Tragis Eks Pemain Liga Utama Eropa di Liga 1 - Terbuang, Wanprestasi, Hingga Kegendutan!

By Andrew Sihombing - Rabu, 25 April 2018 | 17:53 WIB
Gelandang Persib Bandung, Michael Essien dalam pertandingan perdana Grup A Piala Presiden 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Selasa (16/1/2018). ( HERKA YANIS/BOLASPORT.COM )

Rekam jejak bermain di kompetisi utama Eropa nyatanya tak menjadi jaminan mutu. Hal itu yang terlihat dari performa sejumlah pemain asing di Liga 1.

Pada dua musim belakangan, klub-klub kasta tertinggi Tanah Air gencar mendatangkan pemain jebolan klub liga utama Eropa.
Michael Essien, eks gelandang Chelsea dan Real Madrid, adalah nama terbesar yang didatangkan oleh Persib Bandung pada Liga 1 2017.

Selain itu, pada musim lalu juga terdapat nama-nama seperti Mohammed Sissoko (eks Liverpool dan Juventus), Peter Odemwingie (Stoke City), Carlton Cole (West Ham), Juan Pablo Pino (Monaco), hingga Nick van der Velden (Groningen).

Di antara mereka, hanya nama terakhir yang memperlihatkan performa gemilang bersama Bali United dan bertahan bersama klubnya hingga musim 2018.

(Baca Juga: Rahmad Darmawan Akui Tertekan Akibat Performa Sriwijaya FC)

Di antara nama-nama lain di atas, adalah Essien yang mendapat kesempatan bermain terbanyak, yakni 29 kali (2030 menit) di Liga 1 2017.

Tapi, gelandang asal Ghana ini dinilai tak bisa memenuhi ekspektasi hingga akhirnya terbuang dari Maung Bandung di awal musim ini.

Essien dicoret menjelang bergulirnya Liga 1 2018 setelah kuota pemain asing Persib berlebih karena merekrut striker Argentina, Jonathan Bauman.

Nasib Essien menjadi tak jelas karena Persib juga tak memutus kontraknya yang berdurasi hingga 2019.

Sebagaimana dirilis BolaSport.com dari Ghana Soccer Net awal pekan ini, Essien mengaku masih berseragam Persib.