Persipura Patut Berterima Kasih kepada Ian Kabes

By Andrew Sihombing - Kamis, 26 April 2018 | 20:40 WIB
Pemain Persipura, Ian Louis Kabes, salah satu pemain senior yang siap dimaksimalkan pelatih Jafri Sastra memotivasi pilar-pilar muda skuat Mutiara Hitam. (SUCI RAHAYU/BOLA/JUARA.NET)

Persipura mendulang pujian dengan keberhasilannya memuncaki klasemen sementara Liga 1 2018.

Sebagai tim tersukses di kompetisi kasta tertinggi Indonesia sejak era ISL, Persipura sejatinya memang selalu menjadi salah satu tim unggulan setiap musim.

Namun, pencapaian di fase awal Liga 1 2018 tetap mengejutkan mengingat gonjang-ganjing yang menimpa Mutiara Hitam sebelum kompetisi digelar.

Persipura sempat dilanda kesulitan finansial karena tak kunjung mendapatkan sponsor. Hal tersebut membuat sejumlah pilar yang membawa tim ini finis di peringkat ke-6 musim lalu hengkang ke klub lain.

(Baca Juga: Indra Sjafri: Saya Tak Pernah Ada Masalah dengan PSSI Maupun Edy Rahmayadi)

Ketua Umum Persipura, Benhur Tomi Mano (BTM), beberapa waktu lalu mengaku tetap optimistis dengan kekuatan tim karena munculnya sejumlah pemain muda berbakat jebolan Liga 1 U-21 musim lalu.

Namun, tak sedikit yang menganggap pernyataan BTM semata sebagai cara menghibur diri sendiri. Ndilalah, Yustinus Pae Cs bisa memuncaki klasemen sementara dengan koleksi 11 poin dari 5 pertandingan.

Ofensivitas menjadi senjata utama Persipura. Tim asal Jayapura ini merupakan salah satu dari 4 kontestan Liga 1 yang sudah mengoleksi 10 gol.

Persipura juga menjadi satu dari sepasang tim Liga 1 yang belum menelan kekalahan di musim 2018.

Karenanya, tak salah bila banyak yang menyebut Marcel Sacramento sebagai pahlawan utama kehebatan Persipura di awal musim ini. Anggapan tersebut tentu tak bisa disalahkan begitu saja.