Statistik 5 Kiper Terbaik Liga 1 2018, Awan Setho Layak Diandalkan Timnas Walau Kalah dari Kiper Senior Ini

By Andrew Sihombing - Kamis, 31 Mei 2018 | 17:29 WIB
Kiper Bhayangkara FC, Awan Setho Raharjo, melakukan tendangan gawang saat tampil melawan Madura United pada laga pekan ke-33 Liga 1 di Stadion Gelora Bangkalan, Jawa Timur, (08/11/2017). ( SUCI RAHAYU/BOLASPORT.COM )

Statistik penampilan di Liga 1 2018 menunjukkan kepercayaan pelatih Timnas U-23, Luis Milla, terhadap Awan Setho Raharjo tidak keliru.

Lelaki 21 tahun asal Semarang ini merupakan satu-satunya kiper reguler timnas di era Luis Milla yang dipanggil untuk sepasang laga uji coba kontra Timnas U-23 Thailand pekan ini.

Dua dari tiga kiper lainnya, yakni Andritany Ardhiyasa (Persija) dan Satria Tama (Madura United), masih membutuhkan waktu untuk pulih dari cedera masing-masing.

Adapun Kurniawan Kartika Ajie belakangan tergeser ke bangku cadangan Arema FC.

(Baca Juga: Dipanggil Luis Milla, Kiper Baru Timnas Bukan yang Terbaik di Liga 1 2018)

Pada laga kontra Timnas U-23 Thailand, Awan bakal bersaing dengan Teja Paku Alam (Sriwijaya FC) serta M. Ridho (Borneo FC). Awan Setho punya modal lebih baik dibanding dua pesaingnya itu.

Kendati Bhayangkara FC tertahan di papan bawah Liga 1 2018, rasio penyelamatan Awan Setho mencapai 78,6 persen.

Angka itu ada di peringkat kedua daftar kiper dengan rasio penyelamatan terhadap shot on target terbaik di Liga 1 musim ini.

Sebagaimana data yang dilansir BolaSport.com dari Labbola, berikut 5 kiper dengan rasio penyelamatan terbaik hingga pekan ke-11 Liga 1 2018*:

5. Joko Ribowo