Rekap Denda Komdis PSSI Hingga Pekan Ke-13: Persebaya dan Arema FC Paling Banyak, Persija dan Persib Dua Tingkat di Bawahnya

By Irfa Ulwan - Sabtu, 30 Juni 2018 | 09:06 WIB
Liga 1 2018 ( BOLASPORT.COM )

Liga 1 2018 sudah berlangsung selama 13 pekan dan empat pekan sebelum putaran pertama berakhir, 17 dari 18 kontestan tercatat sudah pernah mencicipi hukuman denda dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI.

Tiap pekannya, Komdis PSSI rutin menggelar sidang untuk menggalakkan sekaligus menegakkan sportivitas dalam kompetisi kasta tertinggi sepak bola di Indonesia tersebut.

Sidang itu digelar untuk membahas dan juga menentukan hukuman untuk tiap-tiap kontestan yang dinilai melakukan pelanggaran disiplin.

Komdis PSSI menyoroti semua elemen sepak bola yang masuk dalam lingkup klub, seperti suporter, pemain, ofisial tim, hingga panitia pelaksana.

Penjatuhan hukuman ditentukan berdasarkan poin-poin sanksi yang sudah diatur dan termaktub dalam regulasi Liga 1 2018.

(Baca juga: Jelang Lawan Persib Bandung, Persija Benar-benar Takut Hujan)

Hukuman yang ditetapkan dalam sidang itu cukup beragam, mulai dari teguran keras, larangan bermain, hingga denda berupa nominal uang.

Sebuah akun instagram bernama @pengamatsepakbola telah merangkum hukuman denda yang didapatkan kontestan Liga 1 2018 hingga pekan ke-13.


Bonek tribun sisi utara menyalakan flare usai laga Persebaya Surabaya kontra Barito Putera, Minggu (8/4/2018). ( TB KUMARA/BOLASPORT.COM )

Dan tim yang baru saja promosi ke kasta tertinggi pada tahun ini, Persebaya Surabaya, tercacat mendapatkan denda paling banyak dari kontestan lainnya.