Mario Gomez Kritik Sekaligus Bandingkan Kualitas Wasit di Kompetisi Indonesia dengan Argentina

By Adif Setiyoko - Kamis, 2 Agustus 2018 | 21:43 WIB
Pelatih Persib Bandung, Mario Gomez selepas pertandingan melawan PSIS Semarang di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Minggu (8/7/2018). (ALVINO HANAFI/BOLASPORT.COM)

Pelatih Persib Bandung, Roberto Carlos Mario Gomez, kembali membandingkan Indonesia dengan negara kelahirannya, Argentina. Kali ini, giliran perbedan kualitas wasit yang menjadi sorotan sang pelatih.

Mario Gomez mengungkapkan bahwa sepak bola Indonesia dan Argentina sebetulnya memiliki kesamaan, yakni sama-sama berkarakter keras.

Hanya saja, yang membedakan ialah bahwa wasit di Argentina selalu dievaluasi agar kualitasnya tetap terjaga.

Pelatih berusia 61 tahun ini pun memberikan contoh pertandingan yang dilakoni Maung Bandung saat bertandang ke markas PS Tira pada laga pekan ke-18 kompetisi Liga 1 musim 2018.

(Baca Juga: Timnas Indonesia Tak Perlu Raih Medal Emas Asian Games 2018, Ada Tawaran Lebih Berharga)

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Sultan Agung (SSA), Bantul, Senin (30/7/2018), tersebut eks pelatih Johor Darul Takzim ini menyoroti hukuman penalti yang diterima anak asuhnya.

"Saya ingat ketika melawan PS Tira, kami mendapat hukuman penalti. Padahal tidak ada tangan pemain yang menyentuh bola. Tetapi tidak masalah, karena ini tergantung dari sudut pandang wasit," ujar Mario Gomez setelah memimpin latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kamis (2/8/2018).

(Baca Juga: Petinggi Sepak Bola Malaysia Sebut Isu Bendera Indonesia Terbalik Terlalu Dibesar-besarkan)

"Wasit berbeda-beda, kalau banyak kekerasan semua jadi berbeda. Pemain ke sana-sini jadi foul, tapi enggak ada kartu," katanya menambahkan.