PSSI Upayakan Wasit Indonesia Pimpin Pertandingan Piala Dunia

By Mochamad Hary Prasetya - Rabu, 8 Agustus 2018 | 17:55 WIB
Wasit Thoriq Alkatiri (paling kiri), Oki Dwi Putra (tengah), dan Mustofa Umarella (kanan) dalam acara peluncuran LIga 1 2018 di Studio 5 Indosiar, Senin (19/3/2018) ( HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLASPORT.COM )

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha, mengatakan pihaknya sedang mengupayakan agar ada wasit asal Indonesia yang memimpin jalannya pertandingan di Piala Dunia. 

Untuk mewujudkan itu, PSSI sudah memiliki sebuah program.

Sebelumnya beberapa waktu lalu PSSI menggelar seleksi wasit muda yang diikuti oleh 51 orang di Sawangan, Bojong Sari, Jawa Barat.

Wasit muda itu berusianya di bawah 25 tahun dan diantara mereka diproyeksi bisa memimpin pertandingan Piala Dunia.

Tisha menilai bahwa bukan pekerjaan mudah agar wasit asal Indonesia bisa bertugas di Piala Dunia.

Setidaknya, membutuhkan waktu puluhan tahun dari awal agar bisa merasakan bagaimana pertandingan di ajang sepak bola terbesar di jagat raya.


Sekjen PSSI Ratu Tisha dalam Forum Diskusi BOLA yang diadakan di Gedung Kompas Palmerah, Jakarta, pada Rabu (8/8/2018).(HERKA YANIS PANGARIBOWO/TABLOID BOLA)

"Untuk menjadi wasit di Piala Dunia itu membutuhkan waktu minimal 10 tahun dan kami sedang merancangkan target itu," kata Tisha saat menghadiri Foruk Diskusi Bola di Kompas Gramedia, Jakarta Barat, Rabu (8/8/2018).

(Baca Juga: Pemain Anyar Bali United Bandingkan Sepak bola di Indonesia dengan Irak)