Libur Kompetisi, Bek Senior Persija Jakarta Sibuk Latih SSB

By Suci Rahayu - Senin, 20 Agustus 2018 | 06:30 WIB
Bek Persija Jakarta, Maman Abdurrahman (tengah), mengisi waktu libur Liga 1 dengan melatih sekolah sepak bola. (@MEMENDUREHMEN56@INSTAGRAM)

Bek senior Persija Jakarta, Maman Abdurrahman, tidak ingin kehilangan kesibukan saat kompetisi Liga 1 musim 2018 libur. Tidak berlatih bersama Persija, Maman memilih membagi ilmu sepak bola pada anak-anak.

Maman kini disibukkan melatih di Sekolah Sepak Bola (SSB) Kamiada FC yang ada di daerah Bekasi.

Pemain berusia 36 tahun punya alasan tersendiri mengapa bersedia melatih di Kamiada FC. Tentu bukan karena untuk mengisi waktu luang.

(Baca Juga: Penyerang Asing Persib Bandung Jaga Fisik Selama Libur Kompetisi Liga 1)

Maman mengaku sengaja melatih di SSB untuk menerapkan ilmu kepelatihan yang beberapa waktu lalu dia serap. Perlu diketahui, Maman saat ini telah mengantongi lisensi kepelatihan C AFC.

“Iya benar, saya hadir sebagai pelatih tamu untuk membantu teman saya di sana. Saya bersedia karena lisensi kepelatihan yang saya dapat harus dipraktekkan juga. Percuma kalau punya lisensi tidak dipraktekan,” ucap Maman.

Selama melatih di Kamiada FC, Maman mengakui mendapatkan banyak pelajaran penting.

Eks pemain PSIS Semarang, menyebut jika menjadi pelatih bukan hal yang mudah. Tapi, dia sejauh ini menikmati proses jadi pelatih.

“Pelajaran yang saya dapat, jadi pelatih itu susah. Tapi, saya senang bisa membagi ilmu, pengalaman dengan generasi muda,” sambungnya.