Essien Belum Ingin Gantung Sepatu

By Irfa Ulwan - Sabtu, 20 Oktober 2018 | 16:26 WIB
Gelandang Persib Bandung, Michael Essien, saat melawan Sriwijaya FC di Piala Presiden 2018, Selasa (16/1/2018). ( HERKA YANIS/BOLASPORT.COM )

Eks pemain Persib Bandung, Michael Essien, mengungkapkan dirinya belum ingin mengakhiri karier sepak bola profesionalnya. Menurutnya, ia belum tahu apa yang harus dilakukan andai ia menggantung sepatu dalam waktu dekat ini. 

Sebagaimana dilansir Ghana Soccer Net, Michael Essien belum tertarik untuk mengikuti jejak dari mantan rekan-rekannya yang telah lebih dahulu memutuskan pensiun.

Menurut Essien, sepak bola merupakan permainan sekaligus dunia yang sangat ia cintai.

“Mengapa saya belum pensiun? Saya sangat mencintai permainan (sepak bola) ini," ujar Essien.

Padahal sejak pergi dari Persib Bandung, eks pemain Chelsea hingga Real Madrid tersebut tidak tercatat sebagai pemain dari klub mana pun.

Sebenarnya, Essien masih memiliki kontrak dengan klub kebanggaan bobotoh tersebut, tetapi Maung Bandung tak mendaftarkan namanya di Liga 1 2018.

(Baca juga: Mario Gomez Akhirnya Setujui Langkah yang Diambil Komdis PSSI)

Pria kelahiran Accra, Ghana, 33 tahun yang lalu tersebut mengungkapkan jika ia masih belum mengetahui jalan hidupnya ke depan andai memutuskan untuk pensiun dalam waktu dekat ini.

“Saya masih memikirkan apa yang bisa saya lakukan ketika memutuskan untuk gantung sepatu. Dan, saya benar-benar tidak tahu apa yang harus dilakukan," katanya menambahkan.