Eksklusif Pelatih Persija - Bicara Persaingan Ketat Liga 1 hingga Harapan untuk Timnas Indonesia

By Muhammad Robbani - Minggu, 25 November 2018 | 15:03 WIB
Pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra, di Stadion PTIK, Jakarta, Sabtu (30/6/2018). ( MAULANA MAHARDIKA/KOMPAS.COM )

Menjelang berakhirnya Liga 1 musim 2018, drama perburuan gelar juara semakin seru untuk disimak. Karena ada empat tim yang masih berpeluang untuk menjadi juara lantaran perbedaan poin yang cukup ketat.

Secara matematis, Persija Jakarta, PSM Makassar, Bhayangkara FC, dan Persib Bandung, adalah empat tim yang punya peluang untuk menjadi juara.

Tak hanya persaingan gelar juara, saling sikut juga terjadi di papan bawah atas banyaknya tim-tim yang belum aman dari ancaman degradasi.

BolaSport.com sempat berbincang-bincang dengan pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra alias Teco tentang sengitnya persaingan di Liga 1 musim ini.

Menurut Teco, persaingan ketat seperti ini sebenarnya sudah terjadi sejak Liga 1 musim 2017 yang harus menentukan sang juara hingga pekan-pekan terakhir kompetisi.

Saat itu Bhayangkara FC dan Bali United bersaing ketat untuk menjadi yang terbaik, klub pertama yang disebut akhirnya keluar sebagai jawara.

"Liga berjalan bagus sejak dari liga kemarin (2017) dengan persaingan di atas dan bawah. Pada liga kemarin yang di atas Bhayangkara dan Bali, mereka punya poin sama sampai pertandingan terkahir," kata Teco kepada BolaSport.com belum lama ini.

"Tahun ini kemungkinan sama, dua pertandingan terakhir belum ada yang juara masih ada beberapa tim yang berpeluang, termasuk Persija. Tim-tim di papan bawah ada yang 40 poin, 38, ketika kamu tidur, mereka lewat," ujarnya menyontohkan.

Pelatih asal Brasil itu menilai bahwa penyelenggaraan Liga 1 berjalan sangat sukses, terlepas dari berbagai kendala yang terjadi pada perjalannnya.