Dua Pemain Asing Kejar Naturalisasi, Layak Gabung Timnas Indonesia?

By Nungki Nugroho - Rabu, 19 Desember 2018 | 11:22 WIB
Ekspresi bek Madura United, Fabiano Beltrame, usai mengalahkan PS TNI dalam laga lanjutan Piala Presiden 2018 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (23/1/2018) sore. ( SUCI RAHAYU/BOLASPORT.COM )

Dua pemain dengan tipikal bertahan tengah melakukan proses naturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah berakhirnya kompetisi Liga 1 2018.

Kedua pemain tersebut ialah Yuu Hyun-koo (Sriwijaya FC) dan Fabiano Da Rosa Beltrame (Madura United).

Hyun-koo memiliki tekad kuat untuk segera memiliki predikat sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Sriwijaya FC menjadi salah satu penyebab utama pemain asal Korea Selatan itu ingin berpaspor Indonesia.

Ia masih ingin membela SFC yang telah terdegradasi ke Liga 2 2019.

(Baca Juga: Wonderkid Persib Dinilai Layak Gabung Timnas Indonesia)

Regulasi pemain lokal membuat Yuu Hyun-koo mau tidak mau harus melakukan naturalisasi untuk tetap membela Laskar Wong Kito musim depan.

Hal ini lantas dibenarkan oleh Manajer SFC, Ucok Hidayat.

"Dia (Yuu Hyun-koo) sudah mengurus sendiri (naturalisasi) secara cepat. Dia sudah mengurus naturalisasi secara pribadi," ujar Ucok dikutip dari Tribun Palembang pada Rabu (12/11/2018).

Jika Hyun-koo mengurus sendiri proses naturalisasi, berbeda dengan Fabiano yang mendapatkan bantuan dari manajemen Madura United.

"Jadi ada program lain, Fabiano ini akan kami proyeksikan sebagai pemain lokal. Kami sudah mulai mengurus di awal bulan (Desember 2018) kemarin untuk naturalisasi (Fabiano)," ucap Manajer MU, Hanura Soemitro.