Semen Padang, Antara Mimpi Menuju Liga 1 dan Perjuangan Lisensi Kepelatihan

By Yosrizal - Rabu, 4 Juli 2018 | 11:12 WIB
Tim Semen Padang FC didampingi asisten pelatih Weliansyah bersiap memulai latihan di komplek Semen padang, Indarung. (AIDINA FITRIA/BOLASPORT.COM)

Perjuangan Semen Padang untuk kembali ke pentas Liga 1 musim depan harus dibarengi dengan perjuangan dua pelatihnya dalam mendapatkan lisensi pelatih AFC Pro dan A AFC.

Pelatih kepala Syafrianto Rusli, sejak April lalu, mengikuti kursus pelatih tertinggi pada Konfederasi Sepakbola Asia (AFC).

Sementara asisten pelatih Weliansyah juga mengikuti kursus yang sama dengan level setingkat di bawah Syafrianto, yakni A AFC.

(Baca Juga: Luis Milla Buka Suara Soal Efek Spekulasi Masa Depannya di Timnas)

Untuk mendapatkan AFC Pro, kursus harus dijalani dalam delapan modul dan bisa menghabiskan waktu selama setahun.

Sedang untuk A AFC dilalui dengan dua modul. Modul satu sudah diselesaikan Weli sejak April lalu. Weliansyah kini kembali ke Sawangan untuk menjalani modul kedua.

Akibatnya, latihan tim berjulukan Kabau Sirah sejak usai Lebaran lalu tak bisa dilakoni maksimal oleh kedua pelatih yang juga mantan pemain Semen Padang itu.

Artinya, persiapan jelang pertandingan lanjutan Liga 2 melawan Persik Kendal, Selasa (3/7/2018), nyaris tanpa ditangani langsung oleh kedua pelatih tersebut.

(Baca Juga: Gareth Southgate, Sosok Terburuk yang Raih Hasil Terbaik bersama Timnas Inggris)