Indonesia VS Timor Leste - Ingatan Dilematis Miro Baldo Bento

By Fallen Oktafian - Minggu, 20 Agustus 2017 | 15:25 WIB
Unggahan profil facebook Miro Baldo Bento, pesepak bola mantan Timnas Indonesia sekalgus Timnas Timor Leste saat memperkuat PSM Makassar tahun 2000 (facebook/ miro baldo bento)

Miro Baldo Bento, pesepak bola yang pernah memperkuat timnas Indonesia dan timnas Timor Leste sejak negara tersebut melepaskan diri dari Republik Indonesia.

Miro Baldo Bento merupakan pesepak bola kelahiran Dili, Timor Leste, 42 tahun yang lalu.

Sejarah timnas Indonesia mencatat, dirinya pernah beberapa kali membela tim Garuda dalam ajang Piala AFF 1998 (Tiger Cup) yang diselenggarakan di Vietnam.

Mantan pemain timnas Indonesia ini berasal dari provinsi Timor Timur (Indonesia), yang kemudian setelah 30 Agustus 1999 menjadi Negara berdaulat Republik Demokratik Timor Leste (Timor Lorosae).

Krisis politik akhir dekade 1999 tersebut berujung pada referendum yang menyatakan kemerdekaan Timor Leste, yang tidak menjadi bagian dari Republik Indonesia.

Praktis, Miro Baldo Bento dihadapkan pada pilihan untuk tetap menjadi warga negara Indonesia atau menjadi warga negara Timor Leste.

Dilansir dari Juara.Net, pada ajang Piala Tiger tahun 2000, pelatih timnas Indonesia masih memanggil pria yang saat itu berumur 25 tahun untuk memperkuat tim Garuda.

Pemanggilan tersebut disebut-sebut kontroversial karena menyangkut stastus kewarganegaraan Miro.

Beberapa orang menanggapi Miro masih menjadi warga negara Indonesia karena kepemilikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan paspor Indonesia.

Namun, beberapa pihak lain mempermasalahkan pemanggilan top skorer pada Piala Tiger 1998 ini tidak dapat dibenarkan.