Aturan Baru Dinilai Membuat Marc Marquez Tak Bisa Asal Melompat Ganti Motor

By Agus Triyanto - Minggu, 27 Agustus 2017 | 18:13 WIB
Aturan baru Flag to Flag di MotoGp (Instagram.com)

Ada sedikit perbedaan di gelaran MotoGP seri ke-12 GP Inggris, yaitu strategi flag to flag.

Dalam seri ini akan diberlakukan aturan baru pada saat balapan harus dilalui dengan drama pergantian motor atau biasa disebut flag to flag.

Sebelmunnya, atas perubahan tersebut para rider telah mengikuti agenda tambahan tentang praktik aturan baru flag to flag yang dilakukan setelah latihan bebas kedua hari Jumat (25/8/2017) waktu setempat.

Simulasi ini dilakukan menyusul kejadian yang melibatkan pebalap Aleix Espargaro dan Andrea Iannone di GP Republik Ceska.

Andrea Ianone jatuh saat akan masuk pit lane untuk mengganti motornya karena bersenggolan dengan motor Aleix Espargaro.

Dalam aturan terbaru ini, Dorna mengurangi jumlah kru tim di pit lane dan persiapan motor cadangan harus dilakukan digarasi.

Pergantian motor harus selesai di pinggir pit lane, tepat di luar garasi dengan sudut antara motor pengganti dengan motor yang datang sekitar 45 derajat.

Akan ada Lolipop man yang memberi tanda bagi pebalap kapan pebalap bisa meninggalkan pit lane.

Selain itu, pada pit lane juga akan ada tanda yang menunjukan titik di mana pebalap bisa berhenti dan posisi motor baru untuk semua tim.

Menanggapi hal tersebut, warganet menilai Marc Marques tidak bisa menerapkan strategi "melompatnya" seperti di flag to flag sebelumnya.