Kocak! Ini Rata-rata Umur Fan Klub Sepak Bola Liga Eropa Jika Dilihat dari Tingkat Emosional, Cules Masih 6-12 Tahun

By Agus Triyanto - Selasa, 12 September 2017 | 20:47 WIB
Laga Manchester United melawan Manchester City pada lanjutan Premier League di Stadion Old Trafford, Sabtu (10/9/2016). (OLI SCARFF/AFP)

 Sebuah akun plesetan sepak bola mengunggah video tentang usia fan klub sepak bola jika dilihat dari emosional.  

Adalah @minang.kocak, akun Instagram Indonesia yang banyak mengunggah video-video kocak seputar dunia sepak bola dalam negeri maupun internasional.

Dalam video berdusari kurang dari satu menit itu, sang narator menjelaskan rata-rata usia fan dari klub-klub elite eropa.

Klub-klub besar Liga Inggris, Spanyol, dan Italia yang memiliki jumlah fan banyak di Indonesia pun dikupas satu persatu.

Dari Liga Inggris ada lima klub yang dibahas, yakni Arsenal, Manchester United, Liverpool, Chelsea, dan Manchester City.

(Baca Juga: Klasemen Akhir Grup A Piala AFF U-18 - Malaysia Juara Grup, Timor Leste Tampil Mengejutkan)

Fan Arsenal rata-rata berumur 25-35 tahun. Manchester United berusia kisaran 23-30 tahun. Liverpool berada di rentan usia sekitar 30-40 tahun.

Sementara menurut akun tersebut, fan Chelsea dan Manchester City mulai bermunculan sejak adanya game Pes 2013.

Di Liga Italia ada AC Milan, Inter Milan, Juventus, dan AS Roma. Keempat klub tersebut mempunyai fan dari kalangan yang sudah berkelaurga dengan rentan usia kisaran umur 28-45 tahun.

Sedangkan dari La Liga Spanyol hanya diangkat dua klub, yakni Real Madrid dengan rata-rata umur 12-20 tahun. Barcelona rentan usia 6-12 tahun.