Video - Bukti Keramahan dan Persahabatan Bonek dengan Jakmania

By Agus Triyanto - Kamis, 28 September 2017 | 13:52 WIB
Aksi Bonek dalam Bela Persebaya di jalanan protokol Kota Surabaya berlangsung aman dan tertib pada Senin (26/12/2016) siang. (TB KUMARA/JUARA.NET)

Bonek tampak memperlihatkan jika mereka ingin benar-benar merubah citra negatif masyarakat dari yang dahulu dikenal anarkis, sekarang pemandangan itu sedikit demi sedikit menghilang.  

Upaya kampanye perdamaian antar-pendukung klub sepak bola baru-baru ini mereka perlihatkan ketika menyaksikan laga tandang Persebaya kontra Kalteng Putra di stadion Tuan Pahoe, Palangkaraya, beberapa waktu lalu.

Dikutip dari caption unggahan foto Instagram @persebayafans, beberapa orang di Palangkara mengatakan jika kehadiran Persebaya main di stadion Tuan Pahoe, membuat kondisi tribun penuh, padahal biasanya sepi penonton meski gratis.

"Kekuatan personil polisi tidak sebanyak ini kayak mau perang..waaahhh memang Persebaya klub legendaris dan punya nama besar, buktinya bisa membuat animo masyarakat kota ini berduyun-duyun datang ke stadion," tulis akun @persebayafans menjelaskan tanggapan masyarakat Palangkaraya.

Dijelaskan dalam caption itu, banyak kelompok suporter dari Jawa timur, seperti LA mania, Ultras Gresik, Deltamania, dan lain-lain yang turut datang ke stadion Palangkarata.

(Baca Juga: Ini Lokasi Tiket Box untuk Pertandingan Persebaya Surabaya Vs Persigo Semeru)

Hal ini membuktikan bawah persebaya masih menjadi kebanggaan warga Jawa timur.

Tak hanya suporter asal Jawa timur yang tinggal di Kalimantan, namun beberapa kelompok suporter seperti Pasoepati, Viking dan The Jakmania juga turut hadir.

Terlebih lagi, kelompok-kelompok suporter lokal Kalimantan semua menjadi satu di stadion tanpa ada gesekan bahkan terlihat sangat akrab satu sama lain.

Keramahan Bonek terlihat dalam sebuah video yang beredar di Instagram.