Berjuang Bersama Persebaya Surabaya Menjadi Alasan Bonek Ini Rambah Dunia Konfeksi

By Irfa Ulwan - Rabu, 18 April 2018 | 10:54 WIB
Suasana toko badjoe doea toedjoeh yang menyediakan bermacam merchandise Persebaya dan persebaya, Senin (16/4/2018). (Habibur Rohman/SURYA.CO.ID)

Berawal dari kecintaanya terhadap Persebaya, Kintoko Adjie, seorang Bonek asal Madiun, Jawa Timur, sukses membuka peluang usaha melalui hobinya mendesain produk pernak pernik khas Persebaya dan Bonek.

Toko cloting yang diberi nama "Toko Badjoe Doea Toedjoeh" (TB27) itu berlokasi di Jalan Genteng Besar, Surabaya.

Hingga kini, Cak Kin, sapaan akrabnya, telah menciptakan lebih dari 200 desain kaos.

Dilansir BolaSport.com dari Surya.co.id, awal mula munculnya ide untuk membuat usaha ini adalah ketika Persebaya dibekukan oleh PSSI.

Alasan Cak Kin pada saat itu adalah agar para pecinta Persebaya tak lupa dan terus mengingatkan akan keberadaan Persebaya meskipun tim kesayangan mereka tak ikut berlaga.

(Baca Juga: Berawal dari Kecintaan Terhadap Persebaya, Seorang Bonek Ini Sukses di Dunia Konfeksi)

"Tujuan saya hanya satu saat itu, yakni menghidupkan memori semuanya akan Persebaya, meskipun tim ini saat itu dimatikan paksa oleh PSSI. Selain itu, hasil penjualan kaos kami sisihkan untuk dana perjuangan karena kala itu seluruh Bonek berjuang agar hidupnya kembali tim ini," kata Kintoko Adjie.

Pria lulusan ITS jurusan Elektro tahun 2002 itu menambahkan, dirinya masih ingat betul desain yang dia buat saat itu bertemakan perjuangan dan perlawanan ke PSSI untuk memberikan semangat juang pada Bonek yang berusaha merebut kembali hak-hak Persebaya.

Nantinya, TB27 akan menjalin kerja sama dengan Persebaya Store untuk mengembangkan sayap bisnisnya.

Hal itu dilakukan sebagai salah satu wujud kontribusinya untuk tim yang dia cintai.