Persebaya Ketiban Denda dari Komdis PSSI, Bonek Angkat Bicara

By Bayu Chandra - Senin, 11 Juni 2018 | 15:47 WIB
Koreografi Bonek di Stadion Gelora Bung Tomo saat laga Persebaya Vs Arema FC pada Minggu (6/5/2018) sore WIB ( TB KUMARA/BOLASPORT.COM )

Komite Disiplin (Komdis) PSSI akhirnya mengeluarkan pengumuman terkait denda yang mesti dijatuhkan kepada klub-klub di Liga 1, yang dianggap telah menyalahi aturan mereka. Persebaya salah satunya yang kena denda.

Keputusan itu resmi diumumkan lewat laman PSSI pada Minggu (10/6/2018). 

Persebaya Surabaya menjadi salah satunya klub yang menerima denda dari Komdis PSSI.

Mereka dianggap Komdis PSSI telah bersalah karena menyalakan kembang api saat klub berjulukan Bajul Ijo itu meladeni Persipura Jayapura, Selasa (29/5/2018).

(Baca Juga: Piala Dunia 2018 - Jadwal Lengkap Grup A, Ditutup oleh Derbi Arab)

Saat itu, kedua tim hanya bisa bermain imbang 1-1 di Stadion Gelora Bung Tomo dalam lanjutan Liga 1 untuk pekan yang ke-11.

(Baca Juga: Piala Dunia 2018 - Jadwal Lengkap Grup C, Prancis Dikepung Tim Play-off)

Denda yang diterima Persebaya tidak main-main, mereka harus membayar uang sejumlah Rp 300 juta atas perbuatan suporter mereka, Bonek.

Menanggapi hal itu, beberapa Bonek memberikan komentar pedas untuk PSSI.

 

Persebaya Surabaya menjadi klub yang mendapat sanksi terbanyak dari hasil sidang Komite Disiplin PSSI, 6 Juni 2018. Persebaya harus menerima sanksi Rp 300 juta karena penyalaan kembang api dan hal itu merupakan sebuah pengulangan. Dari hasil sidang komdis 6 Juni 2018, muncul sembilan putusan yang memberikan hukuman mulai dari teguran keras hingga sanksi berupa denda. PSIS Semarang dan Persebaya Surabaya menjadi klub dengan hukuman denda paling berat. Suporter PSIS yang sempat melakukan pelemparan botol ke dalam lapangan saat laga melawan Mitra Kukar pada 28 Mei 2018 didenda Rp 50 juta. Persebaya menjadi klub dengan hukuman denda tertinggi. Klub asal Surabaya tersebut harus membayar sanksi denda sebesar Rp 300 juta karena ulah suporter saat laga melawan Persipura Jayapura. Jenis pelanggarannya adalah karena menyalakan kembang api sebanyak lebih dari 5 (lima) kali dan telah terjadi pengulangan pelanggaran disiplin. ________________________________________________ #Persebaya #PersebayaFans #kitapersebaya #kamibonek #bonekmania #Bonek #bonekpersebaya #ultraspersebaya #bonekmediasosialclub #persebayasurabaya #wani

A post shared by OFFICIAL PERSEBAYA FANS (@persebayafans) on

Lewat akun @Persebayafans, beberapa Bonek mengungkapkan rasa kekesalan mereka atas tindakan yang dilakukan PSSI kepada mereka.