Aksi Bersih-bersih Viking Borneo Diapresiasi oleh Petinggi Persib

By Alvino Hanafi - Selasa, 18 September 2018 | 20:15 WIB
Direktur Utama PT Persija Jaya Jakarta, Gede Widiade (kiri) dan Direktur Utama PT Persib Bandung Bermartabat, Teddy Tjahjono. (ALVINO HANAFI/ BOLASPORT.COM)

Kemenangan Persib Bandung atas tuan rumah Borneo FC di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Senin (17/9/2018), menyisakan cerita unik dari suporter Maung Bandung, Viking.

Viking Borneo yang merupakan basis pendukung Persib se-Pulau Kalimantan tentunya larut dalam euforia kemenangan 1-0 Maung Bandung atas Pesut Etam.

Jumlah suporter Persib yang datang ke Stadion Batakan diketahui lebih banyak dari jumlah suporter tuan rumah sendiri yakni Pusamania.

Sebanyak 1000 lebih anggota Viking Borneo turut hadir mendukung tim kesayangannya, Persib Bandung.

Kebanyakan dari mereka yang datang merupakan warga yang berdomisili di Sangatta, Samarinda, Bontang, Banjarmasin, dan Balikpapan.

Selepas Persib memastikan tiga angka, Viking Borneo pun turut merayakannya dengan menyanyikan beberapa chants, foto bersama tim, serta pastinya melakukan viking clap.

Akan tetapi tak hanya itu, salah satu hal yang patut diapresiasi adalah cara Viking Borneo dalam meluapkan euforia kemenangan yakni dengan membersihkan sampah di Stadion Batakan.


Aksi bersih-besih stadion oleh Viking Borneo di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur (17/9/2018).(DOK. VIKING BORNEO)

"Kami mah jadi diri sendiri saja, orang Sunda yang someah (ramah) apalagi di rantau, di kampung orang," tutur Deden Arif dari Viking Borneo.

Deden juga menjelaskan, upaya bebersih yang dilakukan Viking Borneo itu pun sebagai langkah menjaga Stadion Batakan, yang kini jadi kebanggaan masyarakat Kalimantan Timur.