Sosoknya Dijadikan Inspirasi Pembuatan Boneka Barbie Berhijab, Ini Kata Ibtihaj Muhammad

By Doddy Wiratama - Rabu, 15 November 2017 | 20:00 WIB
Mattel akan memproduksi boneka Barbie dengan hijab yang terinspirasi dari atlet anggar Amerika Serikat, Ibtihaj Muhammad. (Instagram.com/ibtihajmuhammad)

Atlet anggar putri asal Amerika Serikat, Ibtihaj Muhammad, baru saja mendapatkan kado istimewa dari salah satu perusahaan mainan, Mattel.

Perusahaan yang berdiri sejak 1945 itu pun membuat sejarah dengan memproduksi boneka Barbie pertama di dunia yang mengenakan hijab.

Ibtihaj Muhammad, atlet Amerika Serikat pertama yang tampil di Olimpade dengan mengenakan hijab, pun dijadikan sosok inspirator di balik ide ini.

(BACA JUGA : Inspirasi Barbie Berhijab Ternyata Datang dari Atlet Anggar Amerika Serikat Ini)

Perempuan 31 tahun ini tampil di Olimpiade Rio 2016 dan bahkan meraih medali perunggu pada cabang anggar nomor sabre beregu.

Boneka Barbie berhijab ini diperkenalkan pertama kali pada acara Glamour 2017 Women of the Year Summit, Senin (13/11/2017).

Tak hanya itu, boneka Barbie Ibtihaj Muhammad ini dimasukkan dalam kategori Shero yang merupakan akronim dari she (dia perempuan) dan hero (pahlawan).

"Saya sangat bergembira bisa menjadi bagian dari keluarga besar Barbie," ujar Ibtihaj Muhammad dikutip BolaSport.com dari ABC News.

Perempuan kelahiran New York ini pun teringat dengan masa kecilnya saat dibelikan boneka Barbie oleh ibunya.

"Dulu saya bahkan menjahit hijab kecil, yang terkadang terbuat dari tisu, untuk boneka Barbie saya."